Vocal

Tips

Mengapa Muncul Nada Fals

oleh agus mupla

trio

Seorang penyanyi harus mampu melakukan kontrol nada (pitch control) ketika bernyanyi. Hal ini sangat penting dilakukan untuk menjaga konsistensi vokal, sehingga terhidar dari nada fals (atonal). Munculnya nada fals akan sangat menggangu kenikmatan pendengar. Akibatnya, cemoohanlah yang akan mendera si penyanyi. Bahkan, lebih parah lagi, ia akan kehilangan kredibilitas!

Ada beberapa faktor penyebab munculnya nada fals:

Talenta Musik

Tuhan menciptakan manusia dengan karakter dan kemampuan masing-masing. Ada orang yang memiliki talenta musik yang baik, ada pula yang tidak memilikinya. Seseorang yang sama sekali tidak memiliki kecenderungan musik (musikalitas) yang baik, akan cukup sulit untuk menjaga dan mengontrol nada. Diperlukan kerja keras dan cerdas untuk mendapatkannya. Memang ada beberapa tips latihan vokal yang bisa mengatasinya, namun memerlukan waktu relatif lama.

Lain halnya dengan seseorang yang telah memiliki talenta musik (sekecil apapun itu). Melalui latihan intensif, ia akan lebih mudah menguasai dan mengontrol nada, hingga ia bisa bernyanyi mulus, tanpa fals sedikitpun.

Range Vokal Penyanyi

Range Vokal adalah jarak antar nada dari satu interval ke interval lainnya. Dimana satu interval terdiri dari nada: do re mi fa sol la si. Sementara tata nada sebelum dan sesudahnya adalah interval lain.

Manusia pada umumnya, paling tidak memiliki 2 interval nada. Namun ada juga yang memiliki 6 interval, bahkan 8 interval nada. Vokalis Steel Hearth, Mariah Carey, Whitney Houston adalah beberapa penyanyi dengan range vokal sangat panjang.

Nah, apa hubungannya dengan Fals?

Penyanyi dengan range vokal pendek, dia akan kesulitan menjangkau nada-nada yang terlampau tinggi atau rendah. Saat itulah yang paling rawan bagi mereka.

Penguasaan Teknik Vokal

Bagi para penyanyi dengan range vokal pendek, sebetulnya ada beberapa cara untuk menghindari ranjau-ranjau fals. Diantaranya adalah dengan menggunakan teknik falseto dan cop stemp. Kedua cara ini hampir sama, yakni dengan menggunakan nada ’palsu’ ketika menemui nada-nada tinggi. Perbedaanya adalah output power cop stemp lebih kuat dibandingkan dengan teknik falseto. Sehingga, dengan cop stemp, seolah-olah ia mengeluarkan nada ’asli’ atau normal.

Nah, jika kedua teknik ini tidak dikuasai, maka nada fals akan relatif banyak ditemukan.

Tingkat Kesulitan Lagu

Tingkat kesulitan lagu berbeda-beda. Mulai dari yang hanya memiliki dua atau tiga chord saja. Hingga lagu yang memiliki puluhan chord dalam musik pengiringnya. Untuk lagu yang relatif mudah, tentunya tidak terlalu dibutuhkan kemampuan ekstra untuk mengontrol nada. Tetapi, ketika menyanyikan lagu dengan tingkat kesulitan tinggi, seringkali diperlukan beberapa kali latihan penguasaan untuk mendapatkan kualitas vokal yang mulus dari lagu tersebut. Hal ini tidak hanya dialami oleh para penyanyi pemula, tetapi juga oleh para penyanyi kaliber profesional sekali pun. Terutama dalam take vokal untuk rekaman di studio. Seorang penyanyi profesional bisa berkali-kali mengulang baris lagu yang sulit, untuk mencapai tone yang sempurna.

Perangkat Audio Pendukung

Selain faktor internal penyanyi, faktor eksternal juga turut menentukan munculnya nada fals. Misalnya dalam sebuah pertunjukan di dalam gedung yang tidak disertai dengan setting akustik ruangan yang memadai, kemudian kualitas sound system seadanya, dengan tanpa disertai monitor vokal yang baik, niscaya si penyanyi akan sangat kesulitan untuk mengontrol nada.

Sehebat apapun kemampuan vokal si penyanyi, jika menghadapai kondisi seperti itu akan sangat sangat keteteran. Gedung tanpa penataan akustik yang baik, akan menimbulkan gaung yang sangat mengganggu stabilitas tempo. Akibatnya sangat fatal, konsentrasi penyanyi terganggu, harmonisasi musik dan lagu semakin kacau, karena si penyanyi akan menggunakan acuan tempo musik hasil pantulan (gaung), sementara si pendengar/penonton mendengarkan tempo yang asli.

Tips

Mengatasi Nada Fals

Bag 1

Ketika bernyanyi live seorang penyanyi terkadang ’terpeleset’ ke dalam nada-nada fals. Hal ini cukup wajar terjadi, karena biasanya diakibatkan oleh beberapa faktor kendala, sebagaimana telah dibahas pada tulisan saya sebelumnya. Akan tetapi, akan sangat tidak wajar jika penyanyi tersebut selalu fals dalam setiap penampilannya. Tentunya ada something wrong di balik itu. Apakah ia harus pensiun sebagai penyanyi?? Oh tidak, tentunya kesimpulan itu terlalu dini. Setidaknya ia harus berusaha terlebih dahulu untuk memperbaiki kemampuan vokalnya melalui latihan intensif. Setahap demi setahap ia akan memiliki kepekaan terhadap nada, sehingga ia mampu untuk mengontrol nadanya dengan baik.

Di dalam term akademis dikenal teknik latihan solfegio (baca:solfej). Bentuk latihan solfegio bervariasi, mulai dari yang termudah sampai ke tingkat yang relatif sulit. Gunanya adalah untuk melatih ketajaman dan ketepatan nada si penyanyi.

Sesuai dengan tujuannya, yakni untuk melatih kepekaan nada, latihan ini bertumpu kepada penguasaan tangga nada melalui naik turunnya nada. Selain untuk melatih kepekaan nada, solfegio juga sangat bermanfaat untuk lebih melenturkan vokal. Tak sedikit penyanyi pemula masih memiliki vokal yang cenderung ’kaku’. Maksudnya, ketika menemukan perpindahan nada tertentu (misal cengkok dangdut, legato, dll) sangat sulit ia raih. Nah melalui ’moami amo’ ini kendala itu bisa diatasi.

 


Tips

Menghindari Nada Fals Ketika Bernyanyi

oleh agusmupla

Lakukanlah latihan bernyanyi dengan menutup salah satu telinga, bisa telinga kiri atau kanan. Dengan menutup salah satu telinga ketika bernyanyi, kita bisa lebih jelas mendengar output vocal kita. So, kita bisa lebih mudah mengontrol nada yang kita keluarkan.

Cara ini bisa juga dilakukan ketika kita sedang bernyanyi di atas panggung. Di tengah bingarnya iringan musik, terkadang kita sulit mengontrol nada. Nah, dengan menutup salah satu telinga, vocal kita akan lebih terkontrol. Tapi, untuk menjaga performance, sebaiknya cara ini dilakukan ketika diperlukan saja. Jangan terlalu sering, cukup ketika kita betul betul sangat sulit mengontrol nada atau ketika kita akan menjangkau nada-nada yang beresiko.

281 thoughts on “Vocal

  1. HI……..

    AQ AGUS…..AQ PENYANYI TENOR……THANX ATAS SARANNYA…………….AND…SEMUA YANG DIBILANG EMANG SM DGN YANG AQ LAKUKAN DAN SM DGN YANG DI AJARIN OLEH GURU VOCAL AQ…………TP YA MAS………MASIH ADA TEMAN AQ TUH DI PADUAN SUARA YANG MASIH MENGGUNAKAN HIDUNG, KALO MENURUT AQ SIH BISA2 SIH BISA…TP MENURUT AQ LAGI LAGU YANG DI NYANYIKAN MENJADI NG JELAS…..APA YG DI UCAPKAN…ENGGA BRIGHT………………..MENURUT MAS GIMANA????

    BALAZZ YA………………

    *agusmupla:
    hi jg..he3 namanya kok sama yah…cuman aku agus_baritonz…he2..btw mengenai vokal, menurut aku sih..alangkah baiknya tidak melalui hidung, karena akan mngakibatkan artikulasi menjadi tidak jelas (betul…jadi nggak bright), ada resonansi yang tidak perlu (dengungan), alhasil…suara jadi kedengeran aneh. sementara output vokal yang ideal adalah harus distincto, dengan minimal 3 indikasi: jelas, jernih, menonjol. GMN NIH??? ADA YG MAU NAMBAHIN???

  2. Halo Kak Agus,
    Saya sangat tertarik nih dgn pengajaran ttg Vocal ini, sangat bagus, saya jadi tau ttg teknik-teknik vocal yg benar, ato cara belajar vocal yg benar. Kalo boleh nanya, artikel “Vocal” ini kan abis judul “meningkatkan range vocal” ada tulisan d bawahnya (bersambung) tuh, kok saya ga bisa dapat sambungannya yah??
    Terima kasih ya sebelumnya & mohon balasannya.

    *agusmupla:
    O iya, sama2…Artikel sambungannya memang belum di-upload, masih dlm proses, he2…Makanya Lia sering-sering aja berkunjung ke blog ini (hee…pesen sponsor nih…) so, tunggu aja yah, txs

  3. mau nanya nih?aku kan penyanyi reggae
    gimana caranya bernyanyi agar suara menjadi serak
    seperti bob marley, tolong minta resep (ramuan khusus) atau teknik2
    bernyanyi agar suara serak tanpa memaksa suara dan tdk fals. thanx

    *agusmupla:
    hmmm…sejatinya sih menurutku, suara serak itu berasal dari karakter pribadinya sendiri, dengan kata lain, secara alami dia telah memiliki suara khas serak (conditio sin quanon), contoh: bob marley, bryan adams, steven (vokalis steven n’ coconut treez), tompi, ato kebanyakan penyanyi rock. so, yang bagus itu yah…dia yang memang punya karakter vokal serak. sementara jika memakai teknik, meski ada kemungkinan bisa diupayakan, tapi hasilnya tidak akan efektif.

  4. gue ga ngerti juga lg… soalnya gue cuma belajar sambil karaokean aja jd ga ngerti bahasa2 musik nya….
    padahal gue pengen bgt bisa nyanyi trus tampil di depan masa yg banyak…
    ngimpi kali gue yaaaaaa….
    trus klo lg nyanyi nih kadang suka telat masuknya itu gue bt bgt…
    Hmmmmmm…
    harus latihan ma yg pro kali yeeee……

    *agusmupla:
    hee…lam kenal nih…oya kalo lagi karaokean suka telat…berarti itu namanya penyakit “tempo”…ada beberapa teknik berlatih tempo…tapi sayangnya masih sulit di tekstualkan…soalnya latihannya pake vokal & gerakan…jadi harus pake video kalee yah…
    tp…yg penting…perhatiin aja tempo ato ketukannya…dalam tempo ada istilah tesis dan arsis…ntar sy coba bikin artikelnya buat di-upload..OK??

    • ass…kang saya seorang vocalis grup band,tpi banyak yang mengkritik klo saya blm pnya karakter vocal,padahal saya nyanyi ga niru2 suara orang…saya mo tanya kang,gmna sich cara belajar karakter vocal? ma gmna cranya agar saya tau karakter vocal kyk apa yg saya punya? sblmnya mksh ya kang…wslm…

      • Karakter vocal yg ku tau dr guru2 vocal ku, adlh seseorng yg bernyanyi dg penjiwaan yg baik akan lagu yg sdng dinyanyikan, maka akan bernyanyi dr hati, jd nya :).
        Emng sulit bernyanyi dr lagu ciptaan orng lain, cb fahami dl “jiwa” lagu itu.
        Qt bernyanyi u umum bukan semata u kepuasan pribadi, tp u menyampaikan “isi” lagu tsb & menghibur orng lain.
        Cb dengar penyanyi yg saat km dngr dia bernyanyi, km merinding dengernya, nah kurang lebih itulah karakter bernyanyi.
        Karakter nyanyi jg bs berarti pas orng denger seseorng bernyanyi, tanpa melihat wujud orngnya, qt bs langsung tau itu adlh orng tsb yg bernyanyi, pny ciri khas suara, gt.
        Qt berbagi y :).
        Mg berguna.
        Teruslah berlatih

  5. saya cuma cari cari2 artikel tentang teknik vokal saja ehh ketemunya
    di sini*_*
    Saya ingin tanya apakah dengan jogging dalam bernyanyi nafas
    bisa terasa agak enteng min berapa menit jogging itu
    thanks berat

    *agusmupla:
    he3…ceritanya terdampar di blog ini yah….gpp kan asal gak terdampar di pulau kayak Tom Hanks di Castaway…he2.
    Oya …joging bagus banget buat stamina nafas kita…minimal 15 menit (kontinyu…tanpa berhenti lhoo), soalnya biasanya kalo jogging (apalagi kalo sendirian) biasanya “elehan” alias gampang nyerah, baru 1 puteran lapang, dah berhenti. Gitu pula dengan renang. Kalo sy saranin sih coba olah raga yg lain, misal futsal, sewa ama temen2 1 lapang selama 1 jam. Pasti kuat (dikuat2-in) deh sampe 1 jam… efeknya ke nafas akan terasa sekali ke badan dan juga ke diafragma serta vokal kita tentunya.

  6. Boz bagi bagi tips agar suara teteup “renyah” (krupuk kalee)
    biasanya buat para pemula kayak ane tu sulit bannget
    ngeluari yg namanya dahak ato lendir d tenggorokan tuh kan
    nggangu banget
    solusinya dong cz aq udah usaha keras nggak ilang2
    makasih buanyak

    *agusmupla:
    Hmmm….masalah dahak emang gampang2 susah…meski ada cara instan buat ngilanginnya, yaitu dengan gurah….tp sy gak nyaranin deh…yg penting…kita tetep jaga kondisi kesehatan (terutama flu…), banyak berlatih nyanyi, biar lebih lentur, trus ada beberapa tips latihan: pertama, berlatih echo…coba latih berulang-ulang, biar output vokal kita keluar seperti ada efek echo-nya (echo tahu kan yah…), kalo efek di mixer sih yg lebih tepat disebut reverb, suara seperti ini akan terasa renyah kayak chiki…he3, kedua, berlatih “mengembik” (wadduh….!!!), iyah berlatih kayak suara kambing…., ganti suara “embe”-nya dengan “aaaaaa” tapi mengembik seperti kambing, atur nadanya dari rendah ke tinggi, dan sebaliknya dari tinggi ke rendah…ini serius lhoo…
    selamat mencoba!!!

    • Mas aq maw nax. . .
      Aq kan law xnyi mezti d’awali chord D. . .
      Apkah suaraq i2 tmasuk suara rendah. . .dan klw xny dri nda rndah ke nda tnggi suaraq tba2 brubh jdi srak dan tnggrokn trasa perih. . . Seperti lagux andra and the bakbone MUSNAH gmana spaya tenggrokn gaq perh?? Mhon djawb

  7. mas saya adalah pemain gitar yang jd tertarik yang namanya tarik suara setiap saya ngeband di-rental suara saya bisa sampai di nada tinggi tp setelah diluar rental beberapa jam kemudian saya tidak sampai range nya malah kalu saya nyanyi di nada tinggi bisa sampai tp malah suaranya berubah aneh kenapa ya mas?

    *agusmupla:
    hmm…yup…sy tau permaslahannya…memang apa yg dialami mas MP ini, tidak hanya sering terjadi pada penyanyi pemula. faktor penyebab utamanya adalah pengaruh sound sistem. ketika bernyanyi dengan memakai sound sistem, apalagi dengan mic, mixer, dan speaker yg bagus, dengan efek reverb yg memuaskan: sedikit banyak (disadari atau tidak), biasanya akan mampu meng-katrol range vokal kita. bernyanyi serasa enteng sekali. jadi tak heran kalo banyak penyanyi yg merasakan lebih pe-de kalo nyanyi di panggung dengan sound sistem bagus, daripada nyanyi di dalam kamar.
    selain itu, kemampuan kontrol output vokal dari indera kita (telinga) memiliki keterbatasan. ketika kita bernyanyi tanpa sound sistem, telinga akan merasakan bahwa kita telah bernyanyi melampaui batas range vokal kita. hal ini menyebabkan respon negatif, sehingga kita tidak optimal mengeluarkan vokal. akhirnya…ketika mencapai nada tinggi..suara kita “pecah”.
    untuk mengatasinya…ada bebrapa tips:
    - harus banyak berlatih meningkatkan range vokal.
    - idealnya: bernyanyi dengan atau tanpa sound sistem yg bagus, sama jangkauan range vokalnya.
    - pilih lagu yang aman, yg mampu dijangkau secara keseluruhan.
    - pake nafas perut, untuk membantu mencapai nada tinggi.
    - pake falseto atau kop stem
    - selamat berlatih deh…….semoga lekas sembuh…..(he3….. emangnya sakiit)

  8. Nanya ya.. Dikit …??
    saya baru-baru ini ditawarin untuk jadi vokal di salah satu band yang udah siap masuk label ..( N.. Gilanya saya belum pernah nyanyi… ) Mereka percaya karena udah lama nongkrong bareng n katanya gwe orang asik.. ( Band dimulai dari orangnya baru kualitasnya .. Kan Itu bisa BELAJAR )… nAH SEKARANG MO BELAJAR DARI MANA NIHHHH ???

    *agusmupla:
    waah…hebat nih…kalo belajar sih bisa sambil jalan ajah…yg terpenting: perkuat ajah karakter sendiri, bernyanyi full impresif, dan jaga vokal dari fals…..itu aja sebenarnya dah cukup buat masuk major label, paling dukungan faktor eksternal (baca: di luar vokal) seperti: lagu yg easy leasening, komersil, dan kualitas performance

  9. hy ????
    aq org yg memiliki dreams untu k menjadi penyanyi
    1. gimanasih caranya untuk membentuk karakter suara itu
    2.tips na dungz(moikut indonesian idol nih mas),ap yg hrs aq lakuin yah mas

    *agusmupla:
    1. tentang karakter udah sempet dibahas di salah satu komentar…coba dilihat lagi
    2. tips…ntar di artikel yah… (edit>>> tips -nya di sini aja deh, termasuk buat semua yg mo ikutan audisi indonesian idol 2008):
    TIPS:
    - yakin ama kemampuan vokal sendiri….keyakinan bisa jadi energi yg luarrr biasa…
    - sadari karakter vokal kamu, seperti apa adanya kamu, (catatan: karakter vokal seseorang merupakan bawaan asli sejak lahir, jadi…memang ada yg punya karakter (bagus), dan ada juga yg karakternya tidak begitu kuat/tidak berkarakter khusus, alias sama dengan orang kebanyakan, nah yg terakhir ini yg sulit…)
    - sering latihan nyanyi
    - sering latihan gunakan teknik2 vokal
    - pilih LAGU yang TEPAT sesuai karakter kamu…
    - gak usah terllau heboh (kecuali kalo cuman sekadar pengan nampang di TV….he2)
    - nyanyi dengan penuh penghayatan (kalo kata aa gym: “harus dari hati…”), kalo term saya : “harus full impresif”, jadi tidak hanya ekspresif…tapi lebih dari itu …harus IMPRESIF….salah satu indikator IMPRESIF adalah: bisa bikin orang yang dengerin jadi merinding….woow TOP ituh….
    - juri sangat memperhatikan KEKUATAN KARAKTER vokal, disamping kekuatan olah/teknik vokal, jadi beruntunglah bagi yg punya karakter khas….
    - selamat ber-audisi…moga sukses…!!!

  10. dear agusmupla…
    nih q hadi, punya maksud dan tujuan yang sama kayak wendy…
    q mau ikutan audisi indonesian idol2008…
    kasih tips2 dong,
    yang lebih rinci…
    atau mas punya webset tentang latihan olah vocal gak? coz ku pengien belajar vocal tp gak punya duit buat les vocal…

    thanks,
    Haddy

    *agusmupla:
    tips2 bisa diliat di jawaban komen Wendy yah…

  11. hai. ni aq ai mau tau trik agar dapat lulus di ajang menyanyi
    lebih rinci dan yang paling benar ya……..

    Thanks,
    Ai

    *agusmupla:
    tips udah dibahas di komen-nya Wendy…..coba liat di komen Wendy yah…

  12. hai. ni aq ai mau tau trik agar dapat lulus di ajang menyanyi
    lebih rinci dan yang paling benar ya……..
    bls

    Thanks,
    Ai

  13. alow… boleh ikut gabung ga?
    kalo boleh gue mau nanya, apa ga apa-apa
    ketika gue ngambil nada tinggi sampai keluar
    urat-urat leher. kadang nyampe si, meskipun
    dipakasain. Tapi ya itu, setiap jerit dikit keluar
    urat leher. he2….

    *agusmupla:
    boleh donk…kalo sepengetahuan q sih…kalo nyanyi sambil keluar urat leher itu salah satu teknik vokal yang gak bagus…alias harus ditinggalkan…kenapa? kesalahanyya terletak pada dua hal:
    1. berawal dari teknik nafas….kalo sampe keluar urat leher…itu yg dipake nafas dada….sementara yg bagus adalah nafas perut….(coba baca lg artikel sy di page “vokal”)
    2. bernyanyi sampe keluar urat leher terutama sewaktu nada tinggi, berarti memakai teknik vokal dada, bukan teknik vokal kepala….sementara yg bagus adalah teknik vokal kepala…jadi suara “dilempar” ke langit2 rongga mulut…bukan ditahan di leher…
    catatan: hal itu bisa terjadi…biasanya pada orang yg memiliki jenis suara bariton ato bass….(btw…Bagas jenis vokalnya apa nih? kayaknya bariton yah?)

  14. met sore mas agus?gw mau nanya nich,caranya tau karakter suara itu sendiari kyak apa sich?kata teman gw suara lu itu cocok di lagu rock,tp gw suka nyanyi lagu yg melo,itu gimana?

    *agusmupla:
    sebenernya…kalo karakter vokal itu gak bergantung pada jenis lagu yg dibawain…mau rock ato melo…gak masalah…jadi yg dimaksud karakter vokal tuh….”suara khas sendiri”, jadi kalo ada orang dengerin kamu nyanyi, tanpa ngeliat kamu, orang itu langsung tahu…kalo yang nyanyi itu kamu….
    karakter vokal itu yang kuat ada yg lemah, ada yang bagus ada jg yg jelek…
    kalo pengen tahu karakter vokal…(bener juga saran anto reges….) coba rekam…abis itu didengerin/dievaluasi…

  15. apa suara hidung bisa jd ciri khas seseorang?cos teman gw ada yg nyanyi bilangnya gt,hehehehe….thanks ya

    *agusmupla:
    bisa aja sih, TAPI….ciri khas yg gak bagus…..kalo bisa hindarin deh

  16. assalamualaikum. wr.wb.
    mas agus saya tanya lagi.
    1. apa bedanya mike sure sm58 dengan beta sm58…mohon di jelaskan sebelum saya terlambat dan menyesal.
    2. untuk suara saya yang tenor mana yang cocok diantara ke2 mike itu.
    3. saya sudah coba melakukan pernafasan diafrahma waktu nyanyi melalui hidung, kenapa tarikan nafasnya lebih sedikit di banding dengan tarikan nafas lewat hidung, dan lebih bagus/efektif mana mas?
    4. saya coba menjelaskan yah mas agus pertanyaan dari ( wendy, ronan dan bagas )

    wendy : 1. karakter suara/vocal itu enggak bisa di apa2in, udah dari yang diatas, hanya bisa di perjelas dengan latian vocal ( aiueo)
    2. banyakin latian..latian..latian…latian di mana aja tanpa mengurangi range vocal kita.

    BAGAS : masalah urat leher yang keluar, enggak usah malu kalee, coba aja waktu loo tarik vocal tinggi leher jangan di dangakan, sejajar aja atau aga nunduk sedikit. dan selalu percaya diri looo.

    RONAN : untuk karakter sama kaya wendy, udah dari lahirnya, cuma kalau mau tahu coba pas latian di studio, elo tutup kuping kanan / kiri looo, lo pasti bisa merasakan vocal loo enak apa enggak. atau lo coba demo life hasilnya lo kulas…
    semoga jawaban gue bisa terjawab dengan sedikit bisa di mengerti, sedikit ngebantu mas agus yang lagi liburan tahun baru.

    selamat tahun baru 2008, semoga tahun baru nanti membawa mimpi2 looo semua terkabul…amiiinnnnn

    salam
    anto (nakoda band )
    anto_infosubtitlesdvd@yahoo.com

    *agusmupla:
    wah..makasih nih mas anto…dah bantuin….(he2..)….iya nih…menjelang akhir taun rada repot…txs

  17. assalamualaikum wr.wb.
    mas agus, benar ga tuh jawaban saya mas? btw2 selamat tahun baru untuk semua yang sudah masuk ke milis ini…btw juga lagi, jawaban saya mana ? hahahahahha

    ada lagi satu neh mas? kira2 brapa jarak antara mike dengan bibir kita pada saat range vocal kita tinggi ? ( pertanyaan yang aneh )
    di tunggu jwbnya dengan sangat.
    terima kasih

    *agusmupla:
    oya..sorry..kelupaan tuh…ada pertanyaannya yah (he2…baca komennya kemaren…trus pas ngejawab komen2 yg laen/td pagi…sy gak baca lg komen anto)…skr sy jawab:
    1. mic Shure SM58 dan Shure Beta 58A maksudnya yah? keduanya memang beda kualitasnya…sy pernah pake dua2-nya…dan yg lebih bagus, tentu Shure Beta 58A. Harganyapun beda…Beta 58A lebih mahal dikit. Kalo gak salah SM58 sekitar 130 dolar, beta 58A sekitar 160 dolar gitu…sy belom ngecek lg…Tapi sebenernya Shure SM58 juga udah asyiiik banget…apalagi buat suara bariton (kayak saya), kalo suara tenor kayak mas anto atau buat cewek…lebih bagus pake Beta 58A, lebih bright dan level outputnya lebih tinggi, sensitivitas feedback -nya jg lebih bagus. jadi…..pilih mana mas??? (he2…) Kalo pengen yg lebih bagus lagi mendingan Shure Beta 87A…wow lebih oke banget lagi….konon katanya Michael Jackson jg pake. Trus selain Shure, ada jg yg bagus, Sennheiser Seri Evolution (E835 ato E845), harganya lbh murah. TAPI mending Shure deh…
    Oya satu lagi..yg harus diingat, AWAS KETIPU BARANG BAJAKAN, ada lho yg bajakan…kualitasnya tentu sangat beda jauh!!!…PATOKANNYA HARGA AJA
    2. yg cocok Beta 58A tentunya
    3. buat latihan, bagusnya tarik pake hidung ..keluar pake mulut
    4. yah..makasih mas…
    (satu lagi). jarak mic…harus disesuaikan dengan output…(tp..paling jauh sih sejengkal tangan lah..), jadi harus pinter2 kontrol output suara kita via speaker monitor….ingat lhooo..selain mic yg bagus, speaker jg harus bagus, termasuk speaker monitor…HARUSSSS
    OK..met tahun baru buat semuanya…!!!

  18. thanks ya komentarku udah di jawab…
    mo nanya lg mas. bolehkan? mungkin iya si jenis suara saya bass (bariton ya?) abis kalo saya nyanyi agak ngebas.he2..jadi takut dengan teknik nyanyi saya yang sampai keluar urat ketika ngambil nada tinggi.
    mas agus bilang saya pakai pernafasan dada, dan yang paling baik harus pakai pernafasan perut. saya sudah coba teknik itu? Gila…kepala saya sampai pusing menahan nafas. paling lama saya tahan 25 detik. saya masih belum terlalu paham dengan teknik pernafasan ini… trus mas bilang untuk mengambil nada tinggi agar tidak muncul urat leher harus pakai vocal kepala yaitu di lembarkan ke langit-langit. apa si maksudnya? apa suara kita dilemparkan ke langit-langit rumah?….apa yang harus saya perbaiki dengan teknik bernyanyi saya?

    *agusmupla:
    udah latihan nafas perut terus pusing???….he berarti BAGUS…udah berhasil…kalo awal2 emang begitu…semacam adaptasi…terus dilatih…tapi jangan terlalu sering & terlalu lama juga…asal rutin aja…oya buat vokal kepala…emang agak sulit kalo dijelasin secara tekstual…harus ada visual & pembimbing langsung…
    TIPS:
    1. sering2 latihan HAMMING…. alias nyanyi tapi teksnya diganti dengan bunyi “M” semua… rasakan ketika nada tinggi… ringankan bunyi “M”-nya… cari yang paling enteng….
    2. cari lagu yang sesuai dengan karakter vokal bass/bariton
    3. tentukan nada dasar yang kuat dijangkau…jangan terlalu tinggi… cara seperti ini sering dipake sama Ihsan Idol…ternyata efektif… dan mengantarkan dia jadi juara Idol 2006 kan??? dia vokalnya bass-bariton lhooo…

  19. untuk mas anto reges….
    terima kasih mas atas sarannnya? saya fikir bernyanyi tanpa keluar urat itu ada teknik tersendiri. saya liat penyanyi2 yang suara tinggi mereka seolah menarik suara tanpa beban apa2. kira2 berbahaya ga nyanyi sampai keluar urat. adakah cara supaya tanpa keluar urat? teman saya bilang pada saat saya bernyanyi, narik suara sedikit langsung keluar urat. Hmm… saya jadi ngebahas tentang urat gue ni? maaf kebanyakan tentang urat. sebelumnya terima kasih banyak….

    *agusmupla:
    iyah…sering2 latihan HAMMING mas bagas…selain faktor teknik vokal, penyanyi2 yg nyanyi seperti tanpa beban itu karena mereka range vokalnya panjang/tinggi… kalo berbahaya sih nggak mas… cuman cape aja… berat & terlalu banyak energi yang keluar… sebenernya ada penyanyi prof jg yang sering keluar urat leher…Harry Mukti… dulu beliau begitu… tapi emang energi beliau luar biasa.. sy pernah liat & denger beliau nyanyi dari deket & langsung…woow power-nya luarrr biasa… selamat berlatih….

  20. terima kasih mas agus….
    saya puas dengan jawaban yang diberikan. saya jadi semakin mengerti dengan teknik vocal. ok mas, saya akan praktekan dan giat berlatih agar saya bisa menyanyi dangan baik dan benar sesuai dengan suara yang saya miliki. oya… saran saya perbanyak artikel tentang teknik vocal, kan lagi musim idol… Trus di atas kan ada bacaan teknik meningkatkan range vocal dan bersambung tuh, cepat dilanjutkan ya mas. he2…. sekali lagi terima kasih….

    *agusmupla:
    ok…sama2… sarannya ok juga… txs

  21. Hallo Mas Agus Mupla!

    saya mau tanya juga dong.
    saya memiliki suara bariton dengan tipikal yang tipis dan lembut cenderung liris. saya juga memiliki masalah dengan range yang tidak terlalu luas. pertanyaannya adalah:
    1. jangkauan range bariton berkisar kunci nada apa saja ya?
    soalnya saya biasa bernyanyi di kunci B atau C.
    2. latihan apa saja untuk meningkatkan power/ volume suara?
    3. apakah kopi dan soda dapat mengganggu kualitas vokal?
    Mohon pencerahannya ya mas. Terima Kasih sebelumnya
    Danny

    *agusmupla:
    1. kalo kunci nada (accord) buat nada dasar, sebetulnya bergantung lagu juga, maksudnya, ada beberapa lagu ketika di cord C nggak tinggi (sedang), tapi ada beberapa lagu ketika pake nada dasar C ternyata terlalu tinggi, sehingga terpakasa harus mengambil nada rendahnya (1 oktaf di bawahnya). Tapi memang biasanya untuk bariton enaknya di B, C, atau D. Ada juga yang enjoy di F atau E.
    2. ada beberapa latihan, seperti:
    - Solfegio (moamiamo, ni ne na, do mi sol do, dll.) — untuk latihan ini perlu contoh audio
    - Pernafasan (pernafasan perut)
    - dll.
    3. Dalam kadar kecil, menurut saya, tidak terlalu berpengaruh, kecuali kalo terlalu sering. Yang terpenting, kalo mau tampil (nyanyi), usahakan sehari sebelumnya dihindari, makanan ato minuman yang mengganggu vokal.

  22. assalamualaikum…
    saya mampir lagi ni. mas mo nanya lagi, makanan apa yang harus dihindari agar bisa menyanyi dengan bagus. katanya makan makanan pedas sangat tidak boleh padahal saya sangat suka dengan pedas. gimana tuh?

    *agusmupla:
    asal jangan terlalu banyak aja mas…misal: makanan pedas satu karung (he3…) selama dalam batas wajar…nggak terlalu berbahaya kok…yg penting hindari aja sehari sebelum tampil nyanyi. udah cukup…

  23. alhamdulillah… saya sudah beli shure beta 58A, sebelum buka milis ini…thx ya allah dan thx mas, ngebantu banget nih milis..OoOoOoOo tapi saya beli dengan harga 500rb ( baru ) bajakan yah !%#^%&^%#E%^@&%^*&%, masa iya saya beli di toko langganan audio saya…allahualam deh..semangat bernyanyi dan positif thinking aja deh….thx mas agus

    *agusmupla:
    duuuh ikut seneng saya…punya mic baru nih….met ber-mic ria ajah…

  24. wah,, mau ikutan nimbrung neh,,,,,,
    kak, ini aku neh rizky, ho..ho.. yang sering mengganggu maf ya kak karena sering menganggu heheheheh,,
    oh, iya kak aku mau nanya kalo ngelatih whistle register gmana ???
    kalo aku yang whistlenya mariah carey udh bisa nyampe tp blum yang tingginya kayak di lagunya emotions,,,
    latihannya apa pake solmisasi jg ato dari lagu yang ada whistlenya kyak di lagunya mariah carey i’ll be there yang dipake ama trey lorenz ???
    trus yang kak agus kasih ama aku yang teknik nada tinggi makasih ya kak,, it works !!
    mohon balesannnya ya kak :) THX

    *agusmupla:
    naah…akhirnya rizky masuk comment box jg…(he3…)… mau ngelatih whistle register yah…. coba tips ini :
    - modal pertama dan utama buat bisa whistle register adalah range vokal yang tinggi/panjang…
    - yg paling efektif: ambil salah satu whistle register dari penyanyi2 top semisal mariah carey. jessica simpson, alicia keys, kalo cowok: adam lopez, ato bisa juga ngambil rangkaian nada sendiri, trus bawain dengan teknik whistle register…jadi keuntungannya di sini: kita bisa atur ketinggian nadanya, so…gak terlalu dipaksa harus sama dengan yg asli, bertahap, soalnya berat lhooo whistle itu…
    - tapi, kalo udah mampu ngikutin whistle-nya penyanyi2 top itu… gak masalah… berarti dah bisa…
    - bisa juga dipake latihan solfegio…misal : moa mi amo….dll
    - trus..yg perlu diperhatikan dalam whistle register: tidak ada sensasi dalam mencapainya, tapi relaks, nyantai, mulut sedikit dibuka, rongga tenggorokan yg dibuka lebar
    - met berlatih…

  25. Assalamualaikum…
    mmm… apa itu teknik whistle register?

    *agusmupla:
    was…. whistle register ato sering juga disebut whistle tone adalah salah satu teknik vokal dengan menggunakan nada super tinggi, melengking seperti whistle (siulan, peluit), jadi bukan nada asli, tapi di atas falsetto atau kop stem…pokoknya tinggi-tinggi banget. untuk bisa melakukannya diperlukan range vokal yang tinggi/panjang. biasanya dimulai dari nada C tinggi (C6 atau 1047 Hz) hingga D7 atau 2349 Hz. Mariah Carey, Jessica Simpson, Alicia Keys, atau para penyanyi opera sering menggunakan teknik ini.

  26. INFOOOOO:
    Ada salah satu postingan saya tentang vokal yang membahas pertanyaan2 dari Mas Anto Reges yang “nyasar” di halaman Profil, bagi yang ingin baca, coba Klik aja… halaman Profil yang ada di menu atas….TXS
    *agusmupla

  27. alo mas agus
    site nya OK banget loh…. aku penyanyi pemula neh, aku diminta ikut lomba akustik di kampus
    tapi aku blom tau teknik vokal yang baek.
    aku punya pertanyaan neh mas.
    1. kalo lagi nyanyi, bagusnya ambil nafas dari mulut ato hidung?
    2. kalo aku ambil nafas hidung rasanya kaya dikejar2 tempo,
    soalnya perlu waktu untuk ambil napas hidung, beda dengan napas mulut.
    gimana cara mensiasatinya?
    3. pas abis nyanyi suaraku langsung abis, gimana neh?
    4. waktu latihan pernapasan aku ga bisa narik napas lebih dari 10 detik (dah mentok),
    tapi pas nahan ama ngeluarin bisa ampe 20 detik gimana tuh mas?

    *agusmupla:
    1. untuk pengambilan nafas, tidak perlu “dipikirkan” atau direkayasa, jadi yg bagus yah… yang mengalir aja sebagaimana kita mengambil nafas ketika bicara. Saat bicara, kita kan gak pernah memikirkan : harus ngambil nafas dari hidung ato dari mulut kan? nah… seperti itu juga ketika kita bernyanyi.
    2. menyiasatinya… seperti cara no. 1 tadi. lebih baik digabung aja dari mulut dan hidung. kelebihannya jika digabung: kita tidak memerlukan waktu “lama” untuk menarik nafas.
    3. bisa jadi ada kesalahan dalam menggunakan teknik vokalnya… jenis vokal poetra apa nih? tenor, bariton atau bass?? biasanya kalo vokal abis setelah bernyanyi…. penyebabnya diantaranya:
    - kesalahan teknik vokal, menggunakan suara leher
    - range vokal yang pendek
    - overload vokal, maksudnya terlalu dipaksakan menjangkau nada2 tinggi
    - tidak melakukan vokalisi (pemanasan) sebelum bernyanyi, untuk vokalisi silahkan baca artikel saya di halaman ini
    cara penanggulangannya:
    - hindari poin2 penyebab di atas
    - setelah nyanyi, jangan langsung minum, kasih jeda beberapa detik
    - sering2 latihan kelenturan, misal melakukan yoga, trutama kelenturan bagian tubuh atas
    - hindari melakukan teriakan2…
    4. caranya, nafas dikeluarin/dikosongin dulu sekosong-kosongnya… baru tarik nafas… pelan2… atur ritme tariknya…coba lagi…OK?

  28. hehe…he.. iya kak aku dah masuk ke comment ini ho3x
    oh iya bner kak whistle rsgister emang berat bgt kak ampe capek keluar keringet banyak kak waktu ngegunainnya he3x
    Oh, iya kak kalo waktu latihan mo ami amonya di whistle register ato di suara biasa ?trus satu lagi kak, kalo kita latihan di whistle, bisa nambahin range vokal jg nggak sih kak ? soalnya aku ngerasain waktu itu aku nyobain nyanyi lagu mariah carey yg di whenever you call yang feat bareng bryan mcknight, aku nggak nyampe kak ngikutin suara si bryannya tapi setelah aku belajar whistle aku malahan nyampe kak tapi plus teknik yang dikasih kak agus juga sih kak vokal kepala ho3x,,,
    Makasih ya kak :)

    *agusmupla:
    latihan moa miamo-nya di suara biasa sampe whistle register, bertahap dari terendah sampe tertinggi… yup… whistle dapat memperpanjang range vocal juga

  29. mas makasih jawabannya, aku mo tanya lagi neh, boleh kan..
    1. aq ga tau jenis suaraku apa ( maklum masih awam). suaraku cenderung tinggi tapi ga sampe ke nada yang sangat tinggi maupun yang sangat rendah menurut mas tipe suaraku apaya\/ apa bariton?
    2. kata teman ku aku bisa nyanyi pake falseto, tapi menurut ku aku cuma bisa pake falseto pada saat tertentu aja, ga bisa ku kendalikan, gimana cara falseto yang baik mas?
    3.apa semua penyanyi itu menyanyikan semua lagu dengan nada dasar yang sama?
    itu dulu mas, di tunggu jawabanya

    *agusmupla:
    1. kayaknya tenor tuh, kalo pengen tau lebih jelas, coba pake keyboard ato piano, cek nada terendah yg bisa di capai dimana trus, nada tertinggi nyampe mana? kalo dah tau itu, bisa ketahuan deh jenis suaranya dg pasti…
    2. falsetto itu harus bisa dikendalikan!!! kalo waktu2 tertentu aja…hmmm bisa jadi itu bukan falsetto, tp… “nada pecah” karena gak kuat nada tinggi…yg baik itu yg bisa dikendalikan kapanpun kita memerlukannya
    3. tidak semua sama… nada dasar itu HARUS disesuaikan dengan range vokal kita, sehingga bisa optimal (nggak kerendahan ato ketinggian), kalo mo jadi penyanyi prof… harus selalu menyesuaikan nada dasar terlebih dulu… harus kita yg nentuin, bukan musisi, kalo pake karaoke pun, kita harus setting nada dasar sesuai nada kita

  30. assalamualaikum mas….
    aku adalah orang awanm kalau masalah vocal. tapi aku tertarik
    dengan ajang idola yang sebentar lagi akan diadakan? aku sudah baca artikel tentang suara fals di atas tapi belum terlalu paham. suara yang fals itu bagaimana sih? temanku bilang kalau mau denger suara yang fals dengar saja suara Iwan Fals? Tapi pada saat saya nonton ajang idola di tv, suara orang yang ga mirip Iwan fals dikatakan suaranya fals? mohon bantuannya mas. aku takut jangan2 suaraku fals? mm…suara falseto itu sperti yg punya Rossa bukan?

    *agusmupla:
    - suara fals itu suara yang tidak sesuai dengan nada yg seharusnya… jadi bisa juga dikatakan “nada yg salah”, atau “nada yg melenceng”, jadi sedikit aja nada yg kita nyanyiin melenceng dari cord musik, pasti nada kita FALS….. dan hasilnya pasti kedengerennya GAK ENAK, apalagi buat yg peka (sensitif) terhadap nada, dia bisa mendeteksi nada fals sekecil apapun… misal melenceng 1/16 nada, 1/32 nada, bahkan 1/64 nada bisa dia deteksi…. so banyak2-lah berlatih kepekaan nada, shg kita bisa mendeteksi nada2 fals sekecil apapun. INGAT, ketika bernyanyi nada (tone) kita harus tepat!!!
    - heee2…. iwan fals justru GAK FALS!!!
    - Rossa sering dan bagus falsetto-nya

  31. terima kasih mas agus…
    q jadi banyak tau tentang vocal yang baik dan benar…semoga saya bisa bernyanyi dengan bagus dengan apa yang diajarkan mas agus…
    gini-gini mas agus udah jadi guru gue lo…hehe…sekali lagi terima kasih banyak…….

  32. assalamualaikum
    mas agus, saya mau kritikan dan saran dong, tentang lagu band saya. saya bisa kirim kemana yah mas?

    mohon di balas

    thx

    *agusmupla:
    udah dibales yah di tgl 23… sorry… kalo nunggu.. he2 (wah kayaknya mas anto ini tiap hari ol yah…)

  33. mas agus, sibouk banget neh..balas dung pleaseee udah 2 hari pending neh.

    thx

    *agusmupla:
    oya sorry mas anto, 2 hari ini saya disibukin ngurus flexi (telkom) saya yg kena gangguan massal perpindahan frekuensi, sama urusan warnet, (he2 …skali lg sorry)… btw… yg dimaksud mas anto gmn nih? sy nangkepnya ada 2 persepsi:
    1. kalo maksudnya mau kirim sampel ke saya, boleh dialamatkan ke: Agus Santoso, d.a. Warnet Asanet, Jl. PHH Mustofa No. 3 Bandung 40124, atau;
    2. kalo maksudnya mau kirim sampel ke “major label”, sy punya alamat2-nya….

  34. alhamdulillah ya allah, yang atas sudah terjawab, tinggal yang bawah mas hahahah? aga ragu kalau yang no. 2? saya ada beberapa kenal manager band2 ternama, salah satunya band keluaran dari musica studio ( label lokal terbesar seantero indonesia) susah untuk masuk lebel ( jadi pesimis ) mending cari masa ata sekalian indie label seperti ERK ( efek rumah kaca )…kira2 begitu kan mas? terimakasih yah mas agus

    *agusmupla:
    sama2… sy tunggu, suskses!!

  35. assalamuallaikum, mas agus?
    1. kadang waktu vokal saya narik nada tinggi kadang terasa kembang kempis di sekitar perut dan pinggang belakang, ada apakah gerangan?
    2. kenapa Untuk awal nyanyi vokal saya kadang fals, setelah itu baru normal, kenapa juga yah?
    3. yang no. ini adalah alamat lengkap major label boleh minta kan ?

    terima kasih mas agus, salam buat keluarga dan rekan2 di milis ine.
    anto

    *agusmupla:
    was… mas anto
    1. hmm.. ada apakah gerangan mas anto? biasanya kalo narik nada tinggi sih… perut bisa dijadikan penopang untuk memperkuat vokal (lewat nafas perut), dengan dikasih sedikit tekanan pada perut, tapi biasanya gak nyampe ke pinggang belakang segala tuh mas…???
    2. coba sebelum bernyanyi vokalisi dulu mas alias pemanasan vokal dulu… jangan langsung nyanyi… hmm kalo dah bisa mendeteksi suara sendiri fals… berarti tingkat kontrol nada (pitch control)-nya dah bagus tuh… tinggal berusaha keras untuk menghindari fals-nya itu saat bernyanyi… banyak berlatih… hingga seminimal mungkin nada fals keluar…
    3. alamatnya boleh… dikirim kemana nih?? via email ajah… ok???
    wassalam

  36. untuk kawan2 di milis ini, berbagi informasi aja, ini alamat dan no. tlp indie / major label…semoga bermanfaat.
    1. Asa records : kampoeng artis Jl. SMA 64 cipayung, jak-tim # 0813-31048803( kalau masih aktif, nanya lupa siapa heheh )
    2.Capricorn musik indonesia : danau poso No.28, benhil, jak-pus # 70414003 # capricornmusik@yahoo.com
    3. Royal prima musikindo,jl. cepu no.5 menteng tlp. 65310541-43
    4. warner musik indonesia, ibu ruth sastrawinata / bpk. arie #3867626#
    5. Digital beat store, Jl. Taman patra II no. 21, kuningan village, jakarta 12950, tlp. 5213493 # deddy kurniawan # deddy@digitalbeatstore.com# owner om budi raharjo( maaf bila ada kesalahan penulisan nama )
    6. aksara record recording, Jl. kemang, tepatnya di aksara kemang.# 7251006#
    7. Anasta record, rukopuri sentra niaga blok D 63, Jl. Seulawah raya, jati waringin, jak-tim, 13620 # 8604425#

    salam damai, dan semangat bernyanyi dengan hati ( apa seh gue )
    anto

  37. alhamdulillah, sejak saya nongkrong di millis ini, baru kali ini kirim langsung di balas hahahahahahah ( maap mas )
    oh yah mas, maap juga udah kirim2 alamat label untuk kawan2 di milis ini..alamat nya mas agus bisa kirim ke fujianto@subtitlesgroup.org

    terima kasih mas, semoga di balas sama allah, dan jangan di balas sama manusia nanti badan biru2 ( apa lage seh gue ) heheheheh

  38. assalamualaikum
    mas agus, saya masih nunggu alamat dan cp label major dan indie loh? kirim langsung ke alamat di atas aja yah mas….di tunggu yah.

    thx
    cheers

  39. was…oya mas anto..mohon sabar yah… kemarin saya abis dari jakarta… file-nya harus sy cari dl… di komp rumah kayaknya… sementara ini komp-nya lg ada trouble… tunggu ajah yah.. ntar sy kirim kok…txs

  40. ok mas, ikut prihatin jga atas laptop nya?

    cheers
    anto

    *agusmupla:
    he.. makasih…(berbela sungkawa nih yah…).. iya nih mas anto…. soft file-nya belom ketemu, baru ketemu print out-nya, saya kayaknya harus ngetik ulang nih…

  41. kak, kalo suara yang digunain ama vokalis nya steel heart itu pake whistle juga khan kak ?

    *agusmupla:
    kalo vokalis steel heart gak pake whistle… dia bener2 pake suara asli, soalnya range vokal dia tinggi banget.

  42. buat mas anto :
    saya udah kirim alamat major label (publisher) & studio recording..
    lumayan komplit lah… ada 5 halaman… akhirnya saya scan ke pdf…
    moga bermanfaat

  43. asslamaualaikum

    mas agus, edan tenan rek, buanyakkk banget…alhamdulillah sekale, bagi kawan2 yang mau alamat major label dan studio rekording rekomen dari mas agus, kirim email ke gue
    ( fujianto@subtitlesgroup.org ) aja nanti gue forward email mas agus…enggak apa2 kan mas?

    thx banget
    semangat belajar tanpa lelah.

  44. Halo, mau ikut2an nanya yah, aku bukan penyanyi tp suka nyanyi, di jawab ya mas

    Aku bisa ngeluarin suara whistle sampe C#7 (terkadang lebih tinggi) tapi sayngnya hanya pada saat bangun tidur, itu kenapa ya? Dulu pernah ngeluarin nada sktr 1700Hz sampai 1 menit ga putus2 (bangun tidur juga, tp juga pernah pd waktu laen), tp skrg suaraku kog semakin sulit nyampainya ya, bahkan untuk 5 detik aja..
    Pada hari2 biasa, nada tertinggiku sampek 1100 Hz aja (aku liat pake software di komp).. Gimana ya carany latihan spy tetep bisa keluar.. Dulu gampang bgt ngeluarin suara wishtle, bahkan buat ngucapin kata2 bisa, skrg cuman pas bangun tidur aja dan kalo dipaksa terus kepala jadi pusing, trus kadang2 kyk keluar udara dari kuping!!

    Tolong nasehatnya ya mas

    Satu pertanyaan lagi ya,, skrg aku bisa ngeluarin suara nada tinggi sampe 1900hz, tapi suaranya enggak seperti whistle note, kalo aku cek di komputer, ada dua frekuensi nada,, misalkan satu nada 1900hz satunya 1000hz jadi satu,, itu suara apaan ya? Kalo mas mau bisa saya kirimkan suaranya,, ^^

    Di jawab ya mas,, makasihh

    *agusmupla:
    1. hmm… pengalamannya aneh juga.. biasany kalo baru bangun tidur kondisi rongga suara belum bisa bekerja optimal, jadi perlu vokalisi dulu… nah… memang pada saat itu untuk mengeluarkan nada falsetto atau whistle bisa lebih mudah
    trus… antara dulu dan sekarang berbeda… mungkin karena pengaruh perubahan suara yg terjadi secara alamiah, setiap orang kan mengalami perubahan suara sebagai bentuk adaptasi peralihan masa pubertas…
    2. o yah.. bagusnya dikirimin aja file audio-nya, bisa diemail aja kan? formatnya mp3 aja biar gak terlalu besar. email ke: agusmupla@yahoo.com
    OK?

  45. eh,ikut nimbrung dunk,,,,,mas agus mw tanya dunk
    1…v kan seneng banget tuh ama yang namanya dunia musik,,tp v suka dunia musik dari 1 smp,,,waktu kelaz 1 smp suara v juelexxxx banget,,tp sekrang v udh kelaz 2 sma,,,v pengen banget ikutan idol,,,tp v gag pernah sekalipun manggung,,di 17 agustusan aja gag pernah,,,,heheheh,,,tp kata tmen v suara v kayak kambing,,imvrove v kayak kambing katanya,,,maksudna apa yah?????
    2.kasih trik olah vocal yang dasar dong????
    3..v ag tw eunk jenis suara v apa,,,,,tp suara v tebel tp kayak tipis(kayak suara ikhsan tp teknik nyanyinya malah ikutan mulan,,,di kayak kambing2 gt deh,wekekeke…

    makasih
    luvthi

    *agusmupla:
    1. hmm… kayak kambing? he3… mungkin yang dimaksud mereka adalah vibra kambing, memang dalam ilmu olah vokal dikenal adanya jenis vibrasi kambing, dimana vibrasi (getaran) dari rongga suara kita terlalu banyak (sunda: kerep), jadi getarannya terlalu rapat, sehingga mirip suara kambing.
    jenis vibrasi ini kurang baik dan tidak dianjurkan digunakan. Saran: daripada memakai vibrasi kambing atau vibrasi yang dipaksakan, mending tidak usah paka vibrasi… Ingat: dalam bernyanyi tidak ada keharusan untuk ber-vibra, dan tidak selamanya vibrasi itu bagus
    2. he2… coba baca2 di artikel saya yah….
    3. coba dites sambil pakai alat musik (mis: keyboard/piano), dari mana nada terendah dan sampai mana nada tertingginya

  46. ternyta bener kata mas. sehari yang lalu aku menigkuti audisi idol… gila temen2 aku yang pnter nyanyi semuanya ga lolos. malah temen aku yang nyanyinya biasa saja yang lolos. setelah di pikir knapa dia yg lolos ternyata suaranya yang aneh… serek2 gitu. Hhm… yang lebih punya karakter…. banyak temen2 aku dari kelompok paduan suara gagal. jadi sedih…

    *agusmupla:
    Ingat… yang ikut audisi itu kan ribuan… jangan aneh… kenapa penyanyi “bagus” gak lolos, meskipun dia nyanyinya bagus… tapi dia punya karakter vokal “pasaran”, artinya karakter seperti itu udah banyak orang punya, yah terpakasa harus tersingkir…
    jadi yang punya karakter “beda”-lah yang dipilih….

  47. Mas agus, suarany udah aku send di email. Tlg di komentari itu suara apaan y.. Trus bisa / boleh nggak dipake buat nyanyi. Trus jenis suaraQ appan? Termasuk suara pasaran ato biasa2 aja, ato malah suara ga cocok buat nyanyi. Hehe

    oy, kalo nyanyi katanya ga boleh keluar nafasny y? Jadi yg kluar cuman suara aja, ndak campur sama nafas/abab.. Trus gmn mas crny spy enggak keluar nafasny? Söalny memang sih, kadang2 nyanyi kalo nafasny keluar, bisa timbul suara “bub” / “zzzt” di mic-ny.

    trus misalny kita sdng nyanyi dan mau mencapai nada tinggi, dah trnyata tdk sampai. Nah, trus gmn trik ny supaya tdk terdengar aneh atau dipaksakan.

    Trima kasih

    *agusmupla:
    1. oya ntar saya cek…
    2. hmm… kalo nyanyi yah…nafas juga seperti biasa ajah keluar… (kalo nafas gak keluar…ntar bisa semaput donk…he2…). mungkin maksud ongki… biar hembusan nafasnya nggak berisik masuk ke mic/keluar ke speaker yah… menurut saya masalah nafas jangan terlalu dipusingin/gak usah terlalu dipikirin… sewajarnya ajah… toh sekarang mic-mic udah pada canggih kok… mixer-mixer-nya juga udah bisa nge-cut noise-noise segala macem deh… trus coba perhaqtiin: banyak juga artis2 profesional yang hembusan nafasnya kenatar banget…misal Rosa… coba perhatiin nafas Rosa kalo lagi nyanyi (di kaset ato live juga)
    3. caranya pakai suara falsetto…

  48. asalamualaikum wr.wb

    oh gt toh,,ikutan idol suaranya harus unix toh,,,,oh berarti harus latih suara jadi unik dong,,,ada waktu ampe 24 february eunk,,,,,eh a,,bombaz mau tanya nih
    1.biar bisa ngelatih imvrove tuh gimana sih??????carana??????biar suara bisa meliuk2 gt deh?????wakakaka
    2.trus makanan apa sih yang bisa ngerusak suara??????bombaz tuh suka banget ma yang namanya pedes,,,,nu lada na lada pisan,,,ngaruh teu????
    3.makanan,minuman,obat apa yang bisa membuat suara jd gag cempreng???
    4.kata temen bombaz hindari nyanyi sesudah makan besar,,,coz perut kenyang bisa ngaruh,,,katanya bikin eungap n suarana kayak kehalang,,bener gag????
    5.jadi apa persiapan kita sehari sebelum pentas???minum air jeruk nipis?puasa?ato apa??????plis kasih penjelasan yg rinci yah!!! coz bombaz tgl 24 tar pengen ikut audisi,,jd bombaz pengen yg terbaik,,,so kasih penjelasan yah persiapan sehari sebelum audisi!!!! biar suara bombaz itu tampil maksimal,,heeeee

    nuhun a aguz
    by
    BomBaZ ti gaROetZ

    *agusmupla:
    1. belajar improve yg instan: sering berlatih, tiru improve-improve dari penyanyi2 top, nanti lama-kelamaan kita bisa, trus banyak apresiasi (banyak dengerin lagu-lagu yang banyak improve-nya).
    2. memang ada beberapa jenis makanan yang dalam jangka waktu lama dan frekuensi yg tinggi (terlalu sering makannya) bisa mengganggu suara, seperti: goreng-gorengan (berminyak) dan yg pedes-pede. Tapi, selama makannya dalam batas wajar sih gak terlalu berpengaruh. Yang terpenting hindari makanan2 tsb. sehari sebelum bernyanyi.
    3. gak ada tuh, baiknya sih banyak makan buah2-an dan banyak minum air putih.
    4. he2… yang jelas iyah bikin eungap….. yang tunggu minimal 5 menit-an lah… jangan langsung nyanyi atuh…. ntar nasinya muncrat lagi keluar…he3…
    5. jaga kondisi se-fit mungkin, cukup tidur (biar badan fresh), rileks, pilih lagu yg tepat/cocok, kalo mo puasa dulu juga gpp…. he2…
    selamat ber-audisi deh….

  49. a,,aa orang mana sih????aa orang sunda yah?????coz nama aa sunda banget,,heeee,,,a nuhun pisan nya atas masukannnya,,ini teh berguna banget buat bombaz,,hehehehe,,,,,bombaz beruntung banget bisa nemuin blog ini…makasih

    *agusmupla:
    asal majalengka, sekarang tinggal di bandung…. sunda asli….

  50. asallamualaikum mas agus,
    nanya lagi neh yah.
    1. kemarin saya latian waktu saya narik vokal tinggi dapet banget hehehe ( thx atas artikelnya ) trus ada yang aneh di sekitar tenggorokan ( rasa gatel dan mau batuk tapi tidak ) kenapa yah.
    2. trus kalau waktu improv nada tinggi kembali ke nada rendah kadang enggak dapet, cara mensiasati nya gimana?
    3. trus juga kemarin juga waktu nada tinggi ada rasa dari perut lama2 naik ke tenggorokan trus kaya ada pantulan keronggo mulut bagian atas, itu apa namanya, dan kenapa bisa seperti itu ( alhamdullilah dapat nada tinggi nya )
    4. saya sangat2 banyakk terima kasih.

    *agusmupla:
    1. hmmm… mungkin efek dari resonansi suara tinggi… latihan suara tingginya jangan terlalu lama ajah… sedikit2 tapi frekuensinya sering…bisa lebih aman… ato bisa juga karena kotoran2 di tenggorokan, misal sisa dari makanan berminyak, lendir, dll.
    2. sering berlatih moamiamo (solfegio), sering berlatih turun naik nada, konsentrasi pada nada ato kontrol nada yang baik. biasanya: selain faktor kontrol nada, faktor range vokal jg berpengaruh… misal seorang tenor yang range vokalnya pendek…. ketika dia ngambil rendah akan kesulitan… jadi slah satu tips juga… ambil nada dasar yang tepat… biar nada rendahnya gak terlalu rendah…faham kan?
    3. wah berarti tekniknya sukses tuh mas….he2… selamat deh… yah resonansi seperti itu bisa membantu meringankan ngambil nada tinggi…
    4. ok.. sama-sama…

  51. 1. kalau menurut saya mungkin dari efek resonansi, soalnya saya menjaga makan kalau mau latihan mas, apalagi kalau makanan yang berminyak.

    2. Moamiamo, saya selalu coba, tapi tidak sering..saya akan coba lebih sering lagi mas.

    3. alhamdullilah, tapi masih belum enak rasanya mas.

    cheers

  52. ah si aa mah sok ngabojeg wae,,eh a mna atuh materina kog cuma sedikit,,,,,,,bagian 2?????ai bagian 1 na mana?????tambah lg atuh materina plizzzz,,

    hatur nuhun

  53. materina tentang agar vocal ga ancur pas tampil,,,yg gitu2 weh
    eh a kmaha sih carana meh t cangkeul tenggorokan ,coz bombaz kalo nyanyi 1 lagu z ,yg banyak jojorowokanya,,,suka cangkeul tenggorokan,,,

    *agusmupla:
    he2… ok deh… nanti saya tambah lagi… biar nggak cangkeul tenggorokan? teknik vokal yang benul… eh betul… biasanya penyebabnya: selain karena lagunya yg berat, juga kesalahan teknik vokal, jangan pake nafas dada, trus pake vokal kepala. (he2… gampang yah….)

  54. mas, gmana seh supaya suara kita bisa lepas ????

    kadang 2 suka kethan gtu,,

    trus cara ngelatih supaya suaranya bisa lepas gmana ?

    *agusmupla:
    biar suara lepas:
    1. coba latihan screaming di tempat terbuka (misal: di sungai ber-air terjun atau di atas bukit/pegunungan) atau di tempat tertutup berperedam suara (misal: studio), keluarkan teriakan dan lepaskan, jangan ada yang ditahan, rasakan seperti apa vokal yang lepas pada saat itu…
    2. hindarkan beban psikologis saat bernyanyi, jauhkan perasaan sungkan dan jangan “mikir” dalam bernyanyi.
    3. periksa… apakah tenggorokan kita bersih dari lendir atau sejenisnya…

  55. Halo2
    gmn mas comment ttg suara anehQ, tq tq
    Aku jg mengalami problem spt mas Risky, sulit untk membuat suara lepas,, kalo mau menjngkau nada tinggi pake suara asli, rasany seperti tertahan ga bs lepas, q suka lagu yg “meledak-ledak”.
    Cara paling ampuh ngilangin lendir/dahak di tenggorokan.. Apa perlu minum obat batuk berdahak, ato di keluarin paksa, ato g boleh minum es, atau diapain ya..mengganggu bgt saat menyanyi..
    Kalo nyanyi sampe ludahny banyak di mulut ndak boleh ya? Trus bgmn mas solusinya..
    Trima ksh atas jwbnya…

    *agusmupla:
    hmmm… saya udah denger suaranya… memang itu whistle register… untuk ngilangin lendir di tenggorokan, bisa dengan banyak minum air putih dan istirahat cukup dan teratur…. tapi kalo mau yg instan, bisa dicoba dengan gurah… (sy udah pernah bahas ttg hal ini… coba dibaca lagi komen-komen di atas..)

  56. Wah aku senang sekali bisa dapet situs ini…….sebab aku juga mempunyai keluhan yang sama………….bermasalah dengan suara saya…………………Begini suara saya sebenarnya kadang rendah kadang tinggi…nah masalah nya saya bingung untuk mengunakan suara untuk menjankau suara tinggi yang dimulai dari nada rendah?makasih!

  57. Makasih banget mas Agus. Pelajaran yg sangat berharga buat saya. Mau tanya nih… latihan pernapasan yg ideal itu brp lama ya dlm sekali latihan? Sy sdh coba ikutin teknik dr artikel ini, memang agak pusing setelah latihan nafas perut,tapi otot perut sy jd agak kencang seperti habis sit up. Apa latihan sy sdh benar? Mohon bimbingan mas Agus. Satu permintaan lg…. Tolong muat artikel ttg teknik2 latihan vibrato ya.

    *agusmupla:
    Sama-sama Mas Robin, latihan pernafasan 15 menit udah cukup Mas, asal rutin dan berkala ajah. Terlalu lama dalam satu kali latihan, tai jarang dan tidak rutin, malah gak optimal hasilnya. Iyah, berarti latihannya udah berefek. Mudah2-an ada hasilnya.

  58. Salam kenal mas Agus. Senang juga ketemu situs ini. Mau tanya nih…Sesudah latihan pernafasan perut, otot perut sy agak kencang seperti habis sit up. Normal tidak? Mohon bimbingannya. Sy serius ingin belajar nyanyi. Tolong ajarin jg teknik latihan vibrato ya. Thx

    *agusmupla:
    Iyah, itu normal Mas, itu nanti fungsinya untuk membantu power vokal, sewaktu mengambil nada nada tinggi. Artikel ttg Vibrato? yah sabar dulu yah…hehe

  59. Mas agus,slm kenal nama aq berry,aq pgn bgt jd penyanyi,suaraku pas banget klo nyanyin lagunya,glenn f,ari lasso,dan yg anehnya lagi aku bisa niru suaranya armand(gigi) yg ngerock itu,aku bisa nyanyi lagu rock & rnb pdhal itukan beda bgt,kira2 jenis suaraku apa ya

    *agusmupla:
    Salam kenal juga, kalo pas nyanyiin lagu mereka, berarti kemungkinan besar jenis suaranya TENOR.

  60. Nb: aq baru belajar nyanyi slm 9 bln,tp suaraku kayak cpt mateng gtu,n kira sampe wkt brp thn ya suara ku bnr2 mateng,n aq bisa niruin suara nya,dudi nuno,armand (gigi),ari lasso,glenn f,dgn baik,apa itu bagus atau aneh ya

    *agusmupla:
    mengenai berapa waktu vokal kita mateng, sangat bergantung juga pada basic talenta seseorang. karena setiap orang berbeda-beda. ada orang yang memang bekal talenta vokalnya kuat, dia hanya memerlukan waktu singkat untuk memperoleh matengnya vokal. semakin bertambah usianya, semakin mateng juga vokalnya. tapi ada juga yang sedikit talenta vokalnya, nah yg ini perlu waktu beberapa tahun untuk memperoleh vokal matengnya. BTW… Mas Berry kayaknya talentanya cukup kuat, dan punya kecerdasan vokal!

  61. Salam knal mas. Wah akhirnya nemuin juga web ttg teknik vokal, hitung2 dapet pelajaran gratis, oiya knapa nggak skalian aja mas buat skolah vokal, atau jangan2 sudah…
    Oiya mas, ada yg saya mau tanya mengenai suara fals, wajar nggak sih klo suara kita dapat bernyanyi secara maksimal dengan tingkat fals yg kecil itu hanya si kondisi2 tertentu saja??.
    Misal, klo saya baru bangun tidur biasanya pitch control-nya payah bgt dibanding ketika dalam kondisi fresh(spt setelah mandi…)

    *agusmupla:
    salam kenal jg, sekolah vokal? hehe… paling selama ini ngelatih privat aja, itu pun khusus buat nasyid. oya.. ttg suara fals, pada dasarnya jika kemampuan vokal kita prima, kita bisa meminimalisir tingkat kesalahan nada hingga 99 %! Artinya dalam setiap bernyanyi (di atas pentas atau di atas panggung) kita berusaha semaksimal mungkin untuk tidak fals. Adapun kalo dalam latihan, sekali-sekali kita keselo fals, itu mah normal-normal ajah. Karena biasanya dalam latihan, tingkat kontrol nadanya tidak maksimal.
    Kalo pas bangun tidur pitc control bermasalah. Itu normal sekali. Memang seperti itu. Makanya diperlukan vokalisi (baca tulisan-tulisan saya sebelumnya). Motor atau mobil aja, kalo mau dipake, harus dipanasin dulu kan? hehe….

  62. Sualam kuenal,mas agus,q mo nanya,nih aku kan baru belajar nyanyi,kira2 brp taun suara kita bisa bener2 mateng,n kalo mau ngirim suara aku ke mas agus,caranya gmn ya,aku pengen tau suara aq jenisnya apa ya ,2 mas aq kan sakit broncitis nih apa itu ngaruh kenyanyi

    *agusmupla:
    salam kenal juga, ttg suara mateng udah di bahas di atas, kalo mau ngirim sampel vokal boleh kirim ke: agusmupla@yahoo.com (catatan: kalo filenya relatif kecil). kalo filenya besar, kirim CD-nya ke Jl. PHH. Mustofa No. 3 Bandung. Sakit bronchitis bisa berpengaruh, terutama pada pernafasan.

  63. Oh bgitu yah mas, knapa saya tanya hal yg sebelumnya, karena kadang2 pernah saya merasa berada pada kondisi yg bener2 optimal dengan tingkat pitch yg minim, tetapi saya juga pernah merasa, kok saya nyanyi gak karu2an & bener2 beda dgn kondisi yg sebelumnya.
    Selain itu saya jg mau tanya, knapa saya mrasa nyaman nyanyi pada nada2 tinggi??, tetapi bkn berarti saya nggak bs di nada2 rendah(yah masih sampe lah lg2nya ihsan idol), cuma klo di suara rendah saya nggak merasa all out ajah. Apa mungkin karena jenis suara sy tenor, dulu sempat masuk paduan suara sbg suara tenor.
    Sebelumnya makasih & minta maaf sudah kebanyakan nanya2…

    *agusmupla:
    o iyah kalo jenis suaranya tenor, udah pasti akan nyaman bernyanyi pada nada-nada tinggi, jadi sesuaikan nada dasar Nanda kalo nyanyi dengan nada yang senyaman mungkin

  64. Mas, Musik Gue Kan Punk Neh.Kebanyakan Nyaninya dg Suara Yg gitu2 Dech…Tau Kan? Kalo leh Nanya Ada ngga tips Belajar suara kaya gitu??? please….

    *agusmupla:
    buat vokal genre punk, ato sejenisnya, lebih bagus jika berasal dari bawaan, dan tidak direkayasa melalui latihan. kenapa? soalnya akan sangat berat kalo dibikin-bikin. apalagi bawain banyak lagu.

  65. mas, aku ini suka banget nyanyi. Mas bagai mana cara menjaga suara biar selalu bagus dan tips-tips agar bisa mempertahanin dan memperbagus suara fallset

    *agusmupla:
    tips buat menjaga vokal tetap prima:
    - sering berlatih atau bernyanyi, sehingga vokal akan semakin matang
    - cukup istirahat/ tidur
    - banyak minum air putih
    - tidak terlalu banyak/sering makan makanan berminyak, atau makanan2 lainnya yang berpengaruh pada vokal
    agar bagus falset : sering berlatih aja… atur perubahan antara suara asli dan suara falset, biasanya hambatan atau kesulitannya di situ.

  66. Halo mas agus makasih dah jwb,aq pgn bgt jd penyanyi,tp ortu q gak dukung n gak ngasih fasilitas,padahal q yakin bgt klo aq berbakat dan aq juga pencipta lagu yg ngehits abis,kira2 mas agus bisa ngasi’ saran gak,n emang klo aliran musik ama style hrs selaras ya,2. Supaya bisa tekhnik falseto gmn ya

    *agusmupla:
    hmmm.. coba cari tahu akar penyebabnya, dengan komunikasi yang baik, tunjukan kemampuan kita yang terbaik.
    Yup, jika ingin berhasil dan enjoy, sudah tentu: karakter atau style kita harus sesuai dengan alirannya. kalo itu sih biasanya/normalnya akan ngikut dengan sendirinya, prosesnya alamiah.

  67. Asl. Salam kenal.
    kang, to the point aja ya..
    idealnya latihan vocal itu berapa kali sepekan ya?

    *agusmupla:
    Wa’alaikumsalam wr. wb.
    O yah , ini Kang Khair yah… idealnya latihan buat personal sih tiap hari… hehe
    Tapi kalo buat tim, minimal seminggu 2 kali udah cukup sebetulnya.

  68. oya, ada yang lupa nih..
    Kang, minum apa ya supaya suara jadi lebih bening? Trus kata orang2 minum jeruk bagus ya buat suara? Jazakallah.

    *agusmupla:
    yang paling bagus sebetulnya air putih, banyak2 banyak minum air putih selain berfungsi sebagai detoks, juga bisa membaguskan rongga suara. Selain itu, buah-buahan juga bagus

  69. kka ak mau nanya. kan aq suka banget sama agnes monica karena lagunya itu oke 2 dan nadanya tinggi tinggi.
    pengen bgt nyanyi kayak dia. tapi kadg suka malu maluin, soalnya tb waktu mao ngambil tune yg aga tinggi keseleo [fals].
    kira kira, selain latihan moamiamo ada nggak, faktor eksternal lain nggak, misalnya kaya minuman2 khusus untuk naikan prima bernyanyi, atau melatih pita suara ?

    *agusmupla:
    hmmm… kalo minuman sih gak ada yang bisa naikin, paling bisa juga buat ngejaga agar tetep prima ajah.
    Kalo sy saranin sih, sesuaikan aja dengan range vokal kita, kalo suka lagu2 agnes boleh lah, tapi nada dasarnya gak perlu sama. kan bisa diturunin. daripada keseleo kan…hehe

  70. iya kang, ini khair hehe…O gt ya kang… makasih ya kang. Btw, kalo latihannya tiap hari ntar suaranya gpp? bisi serak gitu?

    *agusmupla:
    hehe… gpp atuh.. malah bagus, asal latihannya jangan terlalu lama aja, 15 menit ato sampe maksimal 1 jam udah cukup. yang penting rutin.

  71. mas agus gimana sih cara belajar tekhnik falseto getoooooo,
    n masuk di blog sahabat gimana ya

    *agusmupla:
    Untuk bisa falseto, bergantung pada kemampuan vokal seseorang, karena tidak semua orang bisa falseto, alias ada orang yang tidak bisa falseto sama sekali, karena faktor pita suaranya yang memang tidak memungkinkan. Nah, untuk lebih detil dan jelas sih harus dalam pertemuan langsung, face 2 face. Agak susah kalo secara tekstual.
    Buat masuk Blog Sahabat? Hehe… gampang kok kita tukar link ajah, OK? Oya btw, Mas Berry udah punya blog belum? Kalo udah, nanti saya masukin ke Blog Sahabat saya. So, harus ada blog dulu. OK? Txs

  72. Mas thanks atas sarannya,mo nanya lg nih,klo mo nyanyiin lagu2nya glenn f & ari lasso,solmisasinya hrs sampe brp oktav ya,glenn & ari range vocalnya ampe berapa oktav ya

    *agusmupla:
    glen fredly dan ari lasso sama-sama punya vokal tenor. untuk menjangkau nada tinggi hingga sama persis kayak mereka harus punya range vokal kira-kira minimal 3 ato 4 oktaf. perkiraan saya, mereka punya range vokal di atas 4 oktaf.

  73. Halo mas Agus
    Jgn bosen jawab pertanyaanku ya, hehehe

    Ada yang aneh lagi dengan suaraku.
    Sekarang aku bisa ngeluarin whistle lagi, tapi kali ini lebih tinggi dari yang sebelumnya dan bisa seharian ngeluarinnya (enggak tiap bangun tidur lagi). Tadi ngetes sampe G#7 (sekitar 3251 Hz). Nah, anehnya aku gampang banget ngeluarin nada di atas note A6 (1760 Hz), namun sulit kalo nurunin di bawahnya, sering kali keterusan ke nada di atasnya. Trus suka keseleo juga, jadi pas nyampek misalnya C#7 trus tiba2 keseleo ke A7, kan jadinya aneh. Juga saat nada di bawah C#7 biasanya suaranya serak dan saat pengen nyoba di bawah C#7 ndak keluar suaranya (keluarnya suara serak plus whistle samar-samar).

    Dan pertanyaannya adalah:

    1. Bgmn cara melatih supaya bisa dari whistle yang rendah ke whistle yang tinggi?
    2. Latihan mengontrol suara whistle (ngatur tinggi-rendahnya), supaya bisa piawai akrobat sprt Mariah Carey?
    3. Teknik yang mantab saat pindah dari suara asli ke whistle (susaaah bangeet).

    File mp3-nya pas nyampek G#7 sudah aku kirim ke e-mailnya mas Agus spy bisa di cek.
    Di jawab ya mas pertnyaannya, maaf kalo pertanyaannya selalu aneh-aneh.
    Terima kasih

    *agusmupla:
    hehe… iyah nih pertanyan ongki aneh-aneh terus…
    file mp3-nya udah saya terima. menurut saya, whistle seperti itu kurang bagus untuk bernyanyi. maksud saya adalah lebih baik ongki menggunakan suara asli saja untuk bernyanyi. suara whistle itu frekuensinya sangat tinggi sehingga tidak nyaman diterima oleh telinga kita (secara normal).
    para penyanyi profesional jg, mereka hanya menggunakan whistle sekali-kali aja, sebagai bentuk “show of force” ato improvisasi, dan tidak digunakan setiap waktu untuk bernyanyi.

  74. Asl. Kang agus pa kabar? Jazakallah banget atas jawabannya. Oya, kang… saya mo nanya lagi. Saya selalu bermasalah dgn nada tinggi yang berakhiran vokal “u” dan “i”. Bukan ga nyampe tapi kok rasanya seperti ketahan gitu kang. Trus, gimana caranya menghindari supaya ga “ngeden” gitu kang? Jazakallah atas jawabannya.

    *agusmupla:
    ooo berarti Mas Khair ada masalah dengan artikulasi yah.
    ada beberapa saran saya:
    1. sering-sering latihan vokalisi: a-i-u-e-o sambil tarik nafas
    caranya: tarik nafas sedalam2-nya –> terus bunyikan a-i-u-e-o hingga nafas habis…
    2. sering-sering latihan nafas perut, bukan nafas dada
    3. sering-sering latihan vokal kepala, bukan vokal dada ato leher, sehingga vokal “u” atau “i” atau yg lainnya lebih terasa ringan, karena dipantulkan ke atas “langit-langit rongga mulut.
    Insya Allah ngeden-nya ilang tuh…..

  75. Apa Pandapat ttg Cara Bernyanyi Ariel Peterpan yg Artikulasinya Kurang Jelas…Dengan Artikulasi Yg Krg Jelas Range Nada Yang dicapai Sempit..Bnr g? Cranya gmna?Trus Cra Dia Nyanyi Jg Ky Ditahan2….
    Sy Juga Kesulitan Mencari Karakter Suara…Yg Baik Gmn sih?Thx

    *agusmupla:
    Yup, cara bernyanyi Ariel Peterpan memang unik. Selain masalah artikulasi yg kurang jelas, Ariel juga (hanya) memiliki range vokal pendek. Artikulasi yg tidak jelas memang bisa mengakibatkan nada tertahan dan tidak bright. Tapi, pengaruhnya tidak terlalu besar sebetulnya pada range vokal.
    Maksud saya, seperti Ariel, faktor penyebab ia sulit menjangkau nada-nada tinggi bukan karena artikulasinya yg tidak jelas itu, tapi lebih disebabkan oleh range vokal dia yang memang pendek (faham kan yah maksud saya).
    Nah uniknya, Ariel ini punya timbre (warna suara) yang bagus, enak didengar dan punya kemampuan impresif yang tinggi. Dengan penghayatannya yg bagus ia bisa bikin pendengar merinding. Kekuatan inilah yg menjadi salah satu luck factor bagi Ariel selain kekuatan lagunya.
    Salah satu caranya, dengan sering-sering latihan vokalisi a-i-u-e-o
    Mencari Karakter Suara??? Hehe.. jangan sulit-sulit. Gampang kok. Rumusnya: Suara Saya, Ya Itulah Karakter Saya

  76. haluu..mas agus…lam ken y… nm qu ci_woe (ciwu)..
    thx bgt y atas edukasi gratisan na (thx god)..hehehe…oks bgt lho..

    aq voc di band aq,n then qt ge mo demo live/demo track tgantung sikon,..( genre alternatif rock-distorsi gitar tebel )hehehe…
    1.tlng ksh tips dunx biar bs lgsung dpt attention dri major label,gmn sich?? (biasana kudu nyiapin brp song ya??,dsb)
    2. sbenar na utk era modern saat ini,kita hrus maen na di lagu komersil / yg komerskil y mas???
    3.nah skr,utk performance di stage ni,tlg ksh tips duuunx dr sblm – ssudah manggung (utk voc q dan utk band aq,mean klimat2 yg ok biar swaktu player check sound kita bs narik audience)
    4. kharisma dlm bernyanyi biar bs keluar dgn total apa erat kaitan na dgn penghayatan lagu ya??
    5.oy,aq lgi nyari2 character voc aq ndiri ni mas,biar bs jdi diri sendiri gmn ya cara lat na (kdg klo warna music band na aq sdikit gothic lebih cendrung ke amy lee na evanescene,kdg msh influence dr anggun,atau gaya nyanyi na mr.big,atau aq jg ska yg slow rock like she’s gone,n slow rock2 yg lain na lah)) dan aq bs kulik nada voc mreka semua,tp aq tetep ingin mnjadi diriku sendiri,”ciwu” bkn mreka2.. aduuuh,pliz help me,..apa boleh qt mniru musikalitas dan cra brnyanyi dr influence musik kita,tp bkn brarti 100% pure mniru lho,gmn tu mas????
    6.thx bgt atas pencerahan dan petunjuk na ya..mgkn akan ada byk hal dan pertanyaan lg ni lho mas,tp,ntr2 deh…ssuai bjalan na waktu,hehehe..
    g’ papa kan ya mas??? …thx a lot ya.. “_’

    *agusmupla:
    1. hehe…biasanya sih siapin minimal 5 lagu, trus yang paling dicari major label adalah lagu-lagu yang komersil abis dan yang unik abis (kadang2 kualitas musik dan vokal dianggap nomor sekian).
    Memang Sang Manager A & R mereka sangat jeli dan sudah terasah feeling komersilitas mereka, yang terkadang menurut kita sangat subyektif (padahal mereka sangat2 obyektif lhhoo).
    Trus, sampel lagu yg dikirim udah kualitas master (hasil mixing dan mastering di studio). Jangan sekali2 ngirimin sampel lagu asal-asalan, kecuali kalo mereka yg minta.
    2. Yah, yg namanya industri (musik), tentunya mereka bisnis dan profit oriented. Jadi, mereka nyari lagu-lagu yg komersil biar disenengin banyak orang dan tentunya laku dijual. Nah, lagu2 yg unik juga mereka anggap punya nilai komersil tinggi. Kalo lagu2 yg ngandelin idealisme, biasanya bisa tembus juga, tapi sulit laku. Apalagi zaman sekarang.
    3. Kalo teknik di panggung sebetulnya banyak juga, tapi perlu pembahasan khusus. Usahakan sebisa mungkin untuk meraih hati audience dengan bahasa komunikatif dua arah (dialog), jangan monolog (satu arah). Memang untuk hal ini perlu skill.
    4. Yup, kuatnya penghayatan (impresif), karakter, performance, artikulasi, aksentuasi adalah faktor2 pendukung kuatnya kharisma kita on stage. Menyanyikan lagu, pada dasarnya sama seperti kita berbicara. Kita menyampaikan sesuatu pada orang lain, tentunya harus berangkat dari hati (totalitas/sepenuh hati), ada tekanan-tekanan (aksentuasi), ada intonasi, dsb. Jadi, maksud
    5. Rumusnya gampang aja: “Suara Ciwu, itulah Karakter Ciwu”, jangan pernah sekali pun ingin seperti orang lain ato niru2 orang lain.
    6. sama-sama. smoga bermanfaat

  77. lam knl maz,critanya ni.. aq baru direkrut sbg VOKALIS oleh slh satu band lokal ternama d kota xxx, baru aj td,sy di ksh 5 lagu di srh apalin smua.. coz bulan depan mo lounching indie besar2an. sy cumn pngn nnya;1.tips ngilangin grogi di panggung?(PALAGI KLO BNYK CEW) klo nervest suara sy jd getar ke-mn2 (bkn getar vibra tp getar FALS) mengingat bhw sblmnya sy adlh GITARIS 2. dan yg sy takutin suara sy tar habis (setelah bbrp lagu) gmn solusi agar suara tdk cpt habis (serak2 ilang..!?!) walau nyanyi banyak lagu (suara sy standar ga terlau tinggi /rendh ) 3. saya perokok dan sering berdahak. apkah sy bs jd vokalis yg baik?

    *agusmupla:
    wah-wah, band ternama di kota xxx? hehe… boleh tau tuh nama band-nya apa dan di kota mana? jangan malu-malu gitu donk…hehe…
    1. tips buat ngilangin grogi :
    - hilangkan rasa sombong, jangan merasa diri hebat atau bagus atau ganteng, dsb…. karena kalo perasaan ini ada, ntar kita grogi karena tekanan perasaan tadi.
    - hilangkan beban perasaan apapun, anggap semua orang adalah teman sepermainan
    - tumbuhkan rasa bahwa nggak ada yg paling dominan di grup, jangan merasa karena sebagai seorang lead vocal, trus ngerasa punya posisi sentral di grup. anggap semuanya sama. atau bahkan tumbuhkan pada diri sendiri bahwa yg paling sentral itu bukan lead vocal, tapi, misalnya pemegang lead guitar (ini sekedar tips buat meredam grogi yah)
    - perbanyaklah jam terbang. semakin banyak jam terbang, akan semakin sedikit rasa grogi.
    - catatan: getaran/vibrasi karena grogi beda dan sangat menggangu.
    2. – hindari suara yg dipaksakan, mengalirlah dengan alami
    – kendalikan nada dasar, kalo tidak kuat tinggi (bariton), jangan ngambil nada dasar terlalu tinggi.
    – pilih lagu yang tepat dan tidak terlalu berat.
    – minum air cukup, jangan sampai tenggorokan kekeringan
    3. rokok berpengaruh pada pernafasan, dahak berpengaruh pada distincto (jelas, jernih, menonjol). saran saya: kurangi merokok. dan bersihkan dahak dengan banyak minum air putih dan jaga kesehatan

  78. ass. a agus,,,ak sbNrny dah pRnh ngisi message dsNi cm pKe nMa Lain,,
    ak pNy prtnyaan tLong jwab y a,,,^_^
    biz bingung
    1. Pa tiap orang pNy nada dasar aLias Do yg bRbeda-beda,,?
    2. Pa oRg yg pNy suara tenor sekalipun,,bLm tentu Range vokalny tinggi,,?
    3. ak mpe saat ni g bs nyanyiin lagu kya scorpion,,queen,,dsb,,pa kRna karakter vocal yg beda,,pa kRna range vocal yg beda,,pa krna tipikal vokal yang beDa,,pa da tehnink vokal khusus,,pa memang bakat,,kRna jarang skali ak nemuin vokalis nyanyi kya mereka,,?
    4. Pa suara tinggi yg mReka kEluarin suara asli mereka,,pa falset yg intensitas vokalny lebih tinggi & kuat,,
    5. whistle register ntu kya gMn a,,bs kirim ga Lwt email,,

    mohon bantuanya y a,,tRim’s ^_^,,,,

  79. salam kenal y?????
    aku mo nanya nih bagaimana menciptakan range vokal yang tinggi?please mohon bantuannya ya….trims

  80. hai mas,!!! ni blog emang useful bgt!
    q mo nanya nih, q kok tetap gak paham ya tentang vokal kepala. tolong jelasin ya….. q juga mo nanya caranya melempar suara ke langit-langit itu gimana, q juga g paham2 masalah itu.
    tolong jawab ya mas agus!!
    thanks

  81. hallo, kak pa kabar he..
    sudah lama tidak masuk ke situs ini lg heu,,
    oh, iya kak makasih banget ya kak atas saran yang kk waktu itu kasih soalnya it works. sekarang whistle aku udh bisa kayak shanice, dan sedikit whistlenya mariah carey dapet :)
    trus sekarang aku masih mau nanya lg nih kak. masih tentang nafas yang ketahan kak gmana ngatasinnya,,
    masih blum ada kemajuan…
    mohon bantuannya ya kak…..
    terima kasih

  82. salam kenal, senang sekali bs dapetin alamat ini, mendidik banget.
    Halo maz agus………pa kbr? kenalin aku agus, aq mau tanya nie gmn ya caranya supaya dapetin suara tinggi?soalnya susah banget, aku sering bawain lagu peterpan dan smua lagunya pas dengan karakter aq, ada jg yg bilang suaraku mirip ariel gt, tapi kesulitannya ada pada nada2 tingginya sering gak dapet………
    Tlg bantuannya ya………….

  83. Halo mas Agus, nanya lagi ya.. :lol:
    Kenapa stlh ngeluarin whislte, rasanya tenggorkan kog jadi capek ya.. Apa yang salah dgn ini? Klo pake suara asli ndak sebegitu capek.
    Trus biar suara keluarnya bersih harus bagaimana ya? Oy, “gurah” itu apa ya mas? Maaf, ndak paham…
    Trima kasih

  84. Mas Agus sy RiE_aN, Mo ngajuin beberapa pertanyaan neeh.. boleh ya..

    1. Kira2 jenis suara sy tuh kya apa ya? sy suka nyanyiin lagu ello yg judul hnya pergi untuk kembali, untuk nada2 yg tinggi sih saya dapet asal dari awalnya ngambil nada yg pas, nah kadang (suka) susah ngambil nada awal yg pas nya itu. Tp waktu bag yg ello nya menjerit ,sy takut gak nyampe ( ragu2), waktu bawain lagu nya ari Lasso feat BCL pun pas, lagu cinta kau dan dia nya ahmad dhani jg sama, apa suara sy Tenor? tp kok kadang sy suka ragu ngambil nada2 tinggi (tkt ga nyampe)
    2. Klo sy karaokean lagu2 dgn nada tinggi lama kelamaan leher saya suka gatal gt trus suaranya sedikit demi sedikit jd ng’rock gt… tapi jadi gampang nyampe nada2 tinggi kya once dan nyanyi nya jd enteng bgt…. tp cuma bertahan waktu itu aja,bsoknya biasa lg.. kira2 knp ya?
    3. Trus klo nyanyi d atas stage power suara sy kok jd lemah ya? pdhl klo nyanyi biasa aj power sy kuat (kt temen2 sy neeh)
    4. Trus klo nyanyi suara sy suka ngumpul d leher, apa itu bagus ? coz klo d keluarin lepas suara sy jd cempreng gt…

    Tolong d bls ya .. n mohon bantuannya.. lg ada rencana mo ikutan idol neeh next year (mudah2an ada lg).. makin terobsesi setelah liat jagoan american idol sy masuk Final, david archuleta …Vote for Him… Vote..Vote..Vote…

    Thx B4..

    RiE_aN F.
    3.

  85. ttg aq. . suarany tenor. . tapi kadang2 bisa trpengaruh suara bas. .
    Mas. . aq nie pemula dlm vokal, Masalh yg sering q hadapi:
    1. kadang2 suarany fals. .
    2. kata orang, klo lat vokal mesti banyk minum air putih
    3. apa vibra itu cuman muncul kalo kita pas lagi nyanyi yg lagunya agak membutuhkan energi?
    4. apakah dengan latihan vokal tiap hari pita suara kita akan menebal?
    5. menurut apa yang saya dengar, katanya setiap kali kita menyanyi kita harus mengambil nada yang lebih tinggi, sementara katanya kalo nyanyi gk bole dipaksa karena pita suara nantinya putus. . Harus bagaimana mas?? aq pusink latihan trus, sampe2 aq bosen latihanny . . Mohon bimbingan mas ya. . Makasih sebelumnya. .
    Hendro

  86. asswrwb…

    alhamdulillah…blognya bermanfaat nih akh…
    oh y ana mau tanya, gimana caranya membentuk suara kepala itu, ana sdh baca, tp belum nyambung…
    trus klw presenter tu bagusnya menggunakan tipe suara seperti apa?
    satu lagi, cara membentuk suara yang nge-bass gmn?

    nah! itu titipan 2 pertanyaan terakhir itu titipan dari teman ana…

    jzkllh khoirn ktsro

    wasswrwb

  87. oya mas, saya ini mau blajar bgmna cra mengembangkn teknik vocal saya..&saya bs main gitar..tp gak jago2 bngt=)ksh tau tipsnya dong..thx yaow

  88. Wah… maaf nih belum sempet balas… pertanyaan2 temen2 semua…
    Bulan Mei kemaren saya disibukkan dengan bukanya cabang warnet baru saya… so… lumayan sibuk… sampe2 10 hari terakhir ini saya sakit (gejala typus)… hehe kecapaian tuh pasti…
    Sabar yah… jika belom terjawab…. (Salam Sukses – Agus MuplA)

  89. OwH.. sakit ya mass, Cpt sembuh ya mas…

    n jgn lupa bls pertanyaan sy ya…

    ThQ.. n sukses bwT warnet Baru Nya…

    RiE_aN F.

  90. nyanyilah dengan suaramu yang terbaik …
    rasakan setiap getaran melodi yang ada …
    olah lagunya dalam kepalamu …
    hayati dengan hatimu …
    tempatkan vokalmu sesuai kemampuanmu …
    be yourself …
    enjoy it …
    and u’ll b’come a singer …

    NB:
    u/ orang2 yg gak pede dgn suaranya sndiri
    u/ orang2 yg gak pede dgn ciri khasnya sndiri

  91. hello,mas saya tertarik neh sama posting tentang vokal…
    saya memilki vokal bass,terus kalo saya nyanyi kok terasa berat banget Ya? tapi kalo saya pake suara laen(gak asli bass) justru lebih enteng tapi saya kehilangan karakter asli saya…mas,bisa berguru olah vokal sama mas gak nih?heheh coz kelihatannya mas berpengalaman banget!! saya juga pernah ikut idol,tapi pas penjuriannya titi dj saya gak lolos hehehe

  92. assmlkum…mas agus,,sya bru ikutan ne topic sya jg lg bljar vokal..tolong donk kasih tips buat bisa menghasilkan falsetto,whsitle,atw head voice seperti vokalis band2 jepang…atw seperti iman jrock / atw darren hayes ,mgkin ga bisa djelaskan scara tekstula..namun klw berkenan saya pengen mas kasih gambaran gimana seh cara memproduksinya?apkah head voice =suara yg keluar lewat mulut yg terasa di kepala???atw falsetto itu pake diafragma????yg bener yg mana ..please..kasih tau donk mas….wlkumslm

  93. mas agus, apa kabar neh, udah lama enggak muncul neh, terakhir minta alamat label major, masih ingat ????, kok artikel vocal masih yang dulu sih, enggak ada tambahan nehh, butuh pencerahan neh…hahahahaha.

    makasih mas
    reges

  94. gua vocs penggemar berat muse, coldplay, james blunt, de ell…..Pokokke musik2 brit dgn suara2 teriakan2 dengan vibra & falset yang kueren……….cara ngelatihnya gimana tuwh biar bisa kyak gitu?????????? jawab ye mazzzzzzzz

  95. assmlkum…mas agus,,sya bru ikutan ne topic sya jg lg bljar vokal..tolong donk kasih tips buat bisa menghasilkan falsetto,whsitle,atw head voice seperti vokalis band2 jepang…atw seperti iman jrock / atw darren hayes ,mgkin ga bisa djelaskan scara tekstula..namun klw berkenan saya pengen mas kasih gambaran gimana seh cara memproduksinya?apkah head voice =suara yg keluar lewat mulut yg terasa di kepala???atw falsetto itu pake diafragma????yg bener yg mana ..please..kasih tau donk mas….wlkumslm

  96. oh iya bwat mas ongki aku muu ngebantu neyh,, untuk masalah gurah,,

    gurah itu adalah pengeluaran lendir yang ekstrim ato secara paksa P.S waduh kta2nya ekstrim ya heheheheh,,,

    soalnya aku juga pernah digurah waktu mau ikutan idol season ke 2.
    rasanya bner2 perih dan sakiit bgt,, tapi udahnya bner2 suara jadi kinclong bgt dan ke badan enak dan nyanyi juga enak dan jernih bgt..
    dan sampai sekarang paru2ku bersih dari lendir tapi kalo kyak dahak masih sering ad akarena enggak semua lendir harus dikeluarin karena lendir ngebantu kita juga,,
    gtu mas..

    oh iya mas pengguna whistle juga yah :)
    sma donk he2

  97. mas agus bisa bantu saya mencari ciri khas vokal ga?saya sedikit kebingungan menentuin karakter vokal,menurut teman saya,karakter vokal saya pop banget,sehingga tidak memiliki suatu karakter pasti.
    saya bisa emailin sample suara saya koq thx,semoga diblz d maz

  98. Mas Harris, sampelnya udah saya dengerin, memang betul… menurut saya, vokal Mas Harris ngepop banget, and tenor abiz, teknik vokalnya udah bagus kok… tinggal dipoles dikit dan banyak berlatih, jadi deh… hehe… trus saran dari saya, kurangi legato-nya… (terlalu banyak…).
    Trus kalo mengenai karakter, gampangnya begini: karakter vokal itu hampir 100% bawaan dari lahir Mas, jadi masing2 orang yah bawa karakter masing2….
    Cuman Masalahnya: ada karakter vokal yg UNIK, yg BAGUS, dan ada karakter vokal yg biasa2 aja, ato yg PASARAN.
    Nah, karakter vokal yg biasanya dicari para produser adalah yg UNIK ato yg BAGUS itu…. (yah.. beruntunglah buat mereka2…)
    Semoga bermanfaat…
    Salam Sukses
    Agus MuplA

  99. hm jadi kiranya tipe suara saya kurang berkarakter ya mas?
    hm saya agak bingung,emank saya juga pernah dikasi tau bawaan dari lahir,tapi apakah kita bisa menciptakan karakter itu sendri mas?
    sekiranya pertanyaan saa panjang maap ya mas…
    maklum saya juga masi kurang banyak dan bingung tentang karakter saya aja thx

  100. Buat Mas Harris: hmmm… karakternya kurang unik…. tapi gak masalah kok… karakter yg tidak terlalu unik, bisa juga sukses, caranya, bisa dengan lagu yg bagus/unik, atau musik yg bagus/unik…
    sebuah karakter sebetulnya hanya untuk memudahkan orang mengingat…. ketika denger sebuah suara aja, tanpa liat orangnya, (hampir) semua orang udah bisa langsung tahu bahwa si pemilik suara itu Si A… saking khas-nya…
    Peace…
    (Oya, maaf buat komunikasi, baiknya di blog ajah yah… tidak ke HP… harap maklum, txs…)

  101. terima kasih sebelumnya kepada mas agus,dan saa minta maaf sering ngerepotin,saya telah mendapatkan banyak saran dari mas agus,mengenai karakter yang saya tanyakan,saya akan berusaha menemukan jati diri sendiri tanpa mencoba meniru artis lain lagi thx banyak mas

  102. bos gimana sih agar kita punya vibrasi suara itu aku latuhan kok sulitttttt banget. minta ajarin teknik vibrasinya biar nyanyinya kayak Ruth Sahanaya gitu vibranya keren banget!!!!!
    once more apa benar KEBANYAKAN range vokal cewek tuh lebih panjak dari cowok THX FOR ALL!!

  103. ass. bang agus..salam ukhuwah dan salam ta’aruf dari pontianak
    saya ingin bertanya soal pembagian suara vokal ????
    bgimana sich caranya kami ada 5 orang
    dan saya suara seperti mas bariton
    n kami tidak ada mengenal teori music sama sekali hanya otodidak…
    dan group kami ini baru di bentuk……….tolong bang agus
    jika ada artikel or tekhnik2 voka dan teknik accapella tolong kirimkan ke email saya yang bang agus di dedi_nasyid@yahoo.com
    terima kasih bang agus
    barokallahu…ass

  104. assmlkum…mas agus,,tolong yah.. kasih tips buat bisa menghasilkan falsetto,whsitle,atw head voice seperti vokalis band2 jepang…atw seperti iman jrock / atw darren hayes ,mgkin ga bisa djelaskan scara tekstula..namun klw berkenan saya pengen mas kasih gambaran gimana seh cara memproduksinya?apkah head voice =suara yg keluar lewat mulut yg terasa di kepala???atw falsetto itu pake diafragma????yg bener yg mana ..please..kasih tau donk mas….wlkumslm

  105. hallo A’Agus….lam knl yupz.
    nama Q Lee…Q pny band and Q sbgai vocal.tp Q g prnh kursus vocal and Q bnr2 g ngerti teknik2 vocal.yg mau sy tnya:
    1.apakh jd seorang vocalis tu,hrs ikut kursus or privat??
    2.knp y…kl Q nyanyi kadang2 di mulut Q sll ngumpul..”MF y mas”air liur??
    3. kadang2 kpla Q sk pusing slsai nyanyi,tp terkadang tdk????
    4. selain air puti…Ai ap yg bgus tuk menjaga vocal ttp jernih???
    5.kira2 air jeruk nipis+gula batu apakh bgus utuk vocal???
    Maaf y mas,Q rell bnyk tny :) he..he..he…

  106. Halo Mas Agus, mau tanya lagi…
    1) Bgmn ya mas cara membulatkan suara pas nada2 tinggi, jadi biar ga terdengar cempreng dan pecah
    2) Sama spr pertanyaan ‘lee’, kenapa ya pas nyanyi di mulut sering bnyk air liurnya… Teknik apa yg harus dikuasai?
    3) Menurut mas Agus, suara tinggi Gita Gutawa itu whistle atau bukan? Aku tes pake program di pc, hasilny sama seperti suaraku yg aku send ke mas Agus dulu, ada dua frekuensi nada, misal satunya 700 Hz satunya 1500 Hz.. Beda sama Mariah atau pun Adam Lopez, cuman satu frekuensi saja, jadi cuman 1500 Hz saja dan grafiknya pun bagus (seperti piano)

  107. salam knal mas sory klau ganggu mas sya mau tanya sya sdar klau suara sya pas2an dan jga flas,tp rasa ing blajar dari cercahan tetangga yg gk bsa tdur dgn suara sya..suara sya cempreng bgt pa it ad hrapan jd penyanyi dan jga klau sya nyanyi nada tinggi agk nyangkut d tenggorokan klau gk gt suara sya jd serak pa btuh d gurah pak tlong bantuanya atau ke mail sya dedik_8@yahoo.com

  108. mas agus, tanya lagi dung, beberapa waktu lalu, saya memiliki batuk dan radang tenggorokan yang cukup parah, hingga menyebabkan dada terasa sakit, apakah radang tenggorokkan bisa mengubah pita suara kita :

    terima kasih
    reges

  109. hallo,salam kenal.minta diulas tentang teknik vibrasi dalam olah vokal donk.boleh nanya?saya punya kendala dengan vibrasi yang terkadang cepat terkadang lambat.ga tentu n ga stabil gitu,kenapa ya bisa terjadi?gmana caranya dalam melatih vibrasi agar tetap stabil?thanks.

  110. HALLO, mas Agus salam kenal.
    aku mau tanya nich. tolong dijawab ya..

    Bagaimana cara mengontrol Mike saat bernyanyi ?
    cukup sekian.

    Trims,
    HENDRIC

  111. mas agus kemana yahh? sakit atau apa kah ? semoga cepat sembuh kalu sakit dan mudah2 sehat selalu…amiiinnnn ya rabb, soalnya fans udah banyak nunggu jawaban dan tangda tangan.

    cheers
    reges

  112. asslm.kang agus ana Romdoni dari Nasyid Iman Nada Tasik, mau nanya,, dah beberapa bulan ini suara saya kalau nyanyi pas nada tinggi, terkadang batuk.. sampai tenggorokan gatal, kenapa yah kang ?

    apakah ada tips khusus untuk menstabilkan / melembutkan suara kita? jazakallah.. kapan pentas di tasik lagi. oh ya.. ada salam dari kang ganjar BPM.. sukses selalu untuk mupla!!wassalam..

    *agusmupla :
    was wr wb… ooh Kang Romdoni kmh damang? Kasus seperti itu biasanya disebabkan kondisi kesehatan, khususnya di sekitar tenggorokan, misal : tenggorokannya terkena radang, luka atau banyak lendir. Nah dalam kondisi seperti itu, jangan dipaksa untuk mengeluarkan nada2 tinggi… cooling down dulu… istirahatkan dulu…hindari makanan berminyak, dan makanan/minuman yg kurang baik buat tenggorokan, cukup tidur, banyak minum air putih,…
    Salam juga buat Kang Ganjar BPM…

  113. Aslm. Baru gabung lagi nih Mas.
    Mas suara wistle register itu yang bagaimana ya???
    Apa tekhnik munyanyi yang sering dipakai Gita Gutawa itu termasuk wistle register???
    Oiya Mas, kasih tips juga donk bagaimana caranya menggubah lagu.
    Temen2 laen kalo ada yang tahu boleh juga donk sharing ilmunya.
    Thanks banget ya sebelumnya.

  114. hmmmm…bleh tanya?…
    tipical suara aku tenor…tapi
    aku ngerasa bersuara bass…padahal nada tertinggi aku D#7
    dan terendah E2…kira-kira suara aku termasuk
    golongan yg mana..?

  115. PENGUMUMAN PENTING :

    MOHON MAAF BAGI TEMEN2 YG BELUM SEMPET TERJAWAB PERTANYAAN2-NYA….BERHUBUNG KESIBUKAN DAN LAIN HAL

    MULAI SAAT INI, SAYA BERINISIATIF UNTUK MEMBUAT SEBUAH GROUPS DI YAHOO.COM

    TEMEN2 BISA GABUNG DI : teknikvokal@yahoogroups.com
    CARANYA :
    Silahkan register dengan cara mengirimkan email kosong ke : teknikvokal-subscribe@yahoogroups.com

    Setelah terdaftar, silahkan posting pertanyaan atau jawaban/tanggapan ke : teknikvokal@yahoogroups.com

    DI SANA, SETIAP MEMBER BISA MEMBERIKAN PERTANYAAN DAN JAWABAN, JADI TIDAK HARUS SELALU SAYA YG MENJAWAB…..

  116. mo nanya ni mas??
    jenis suaraku kan sopran.aku pengen banget belajar valseto sama vibrasi biar kualitas vokalku jadi lebih top tapi aku gak tau caranya gimana bisa kasih tau aku gak???

  117. wah…….
    salam kenal ya mas…..
    gw cuma pengen minta tips untuk menjaga suara supaya stabil….
    gmn mas?
    gw udh join…..

  118. halo mas knalin , saya rendy aq lg bingung ne tolongin dnk mas ksh tao cara hilangin nerfes pd saat mnggung cz kmren saat aq manggung aq selalu nerfes n hasilnya kurang maksimal tolong y blz

  119. kaaaa…kaaaa….
    Quh Maw tanya nie,..
    kho kaka malah nyaranin pake pernafasan perut,..
    Nafas apa gak terasa pendek thu,..En yang quh taw pernafasan yang paling baik itu katanya pernafasan diafragma…
    Jd yang mana yang bener Ka,..

    En ka quh Maw tanya Lagie nie,..
    Nyanyi Dalam Air Thu Bener biza buat suara kita sedikit plonk ya,..
    Commend me Back,..

  120. Bang agus, numpang iklan dikit ya hehehe, demi kemajuan bersama hehehe….

    JUAL MinesOne Lagu buat Karaoke…

    MinesOne adalah lagu tanpa vokalis, jadi bisa digunakan untuk karaoke…
    1 Lagu = Rp.40.000(Untuk pengambilan lagu di tempat saya, tempat tinggal saya di kota Surabaya)
    = Rp.50.000(Untuk pengiriman file lagu lewat email)
    Key Lagu dapat disesuaikan dengan permintaan konsumen.
    Dijamin MinesOne berkualitas.

    Untuk informasi lebih lanjut / pemesanan MinesOne, dapat mengirim email ke jhonnythio@hotmail.com atau di jhonnythio@gmail.com. Terima Kasih…

  121. Permisi yaa sebelumnya
    Salam kenal buat semuanya
    Dan terimakasih sebelumnya atas semuanya
    saya ingin ikut gabung
    saya pingin bisa bernyanyi tapi suara saya fals bangetttt.
    waktu saya bergadang dengan teman2 saya sambil mainkan gitar, saya ikut bernyanyi tapi suara saya fals, dan kata mereka”gak usah ikut-ikut suaramu fals banget”.Nah sekarang saya mo tanya gmana caranya untuk melatih gar gak fals?
    saya ingin cara to teknik mulai dasar banget untuk olah vokal agar gak fals?
    ato emang dasarnya suara saya begitu dan gak bisa diolah?
    Tolong yaa buat semuanya??!!
    terimakasih
    goodluck buat semuanya terutama saya sendiri

  122. sepertinya saya harus banyak berlatih lagi karena saya sering kehabisan suara saat bernyanyi. dan napas selalu berat. apa ada pantangan buat orang yang ingin bisa bernyanyi.? kaya makanan apa aja yang boleh di makan atau ngga.? thx

  123. asalamualaikum..
    mas ikutan nimbrung yah..
    saya mau nanya..
    yang benar itu waktu mengeluarkan suara perut mengembang atau mengempis ??

    itu aja dulu..
    thx b4,wasalam..

  124. Buat Rendy : tips buat ngilangin nerfes… perbanyak jam terbang, nothing to lose, …
    Buat Solmetet : memang lebih berat/sulit kalo punya dasar vokal fals, tapi dengan sering latihan bisa sedikit membantu… latihan paling dasar adalah menguasai solmisasi…
    Buat Adit : selain rajin latihan pernafasan, faktor makanan/minuman juga berpengaruh, makanan berminyak dan makanan/minuman dingin cukup berpengaruh, hindari makanan/minuman tersebut minimal sehari sebelum bernyanyi… faktor cuaca dan kondisi kesehatan jg berpengaruh…
    Buat Bacod & Marcell: teknik pernafasan yang baik adalah, ketika kita menarik nafas, perut mengembung…

  125. mas agus,aq meh nanya nich,dari postingan2 di atas ga ada yg nyebutin cara mengeluarkan whistle.nah,tolong donk mas,postingin cara ngeluarin whistle yang komplex n sejelaz2nya ya,mas makasih….soalnya low,chest,corp ato apa tadi lupa,falsetq aq rasa uda dapet smua..tinggal whistlenya aja yg aq blum dpt,lat terus cuma dapet nada setinggi gita gutawa…makasih bgt yo,mas..taktunggu balezan secepatnya.

  126. HALLLOWWW…ayo donk mas,pertanyaanq dijawab…uda taktunggu ampek kering nich…puji Tuhan aq uda bisa menguasai cukup banyak jenis suara,low voice,chest,ama cop stemp-ku bisa mencapai F6 lho mas…truzzzz aq uda bisa dengan baik kontrol falset,semuane gara-gara mariah carey,celine dion, ama whitney houston…aq belajar dari mereka tentang telnik vokal,..jadi menurutku justru ga dari mantan guru vokalku dulu,aq ga belajar banyak dari guruku itu…NHAAAAHH,yang jadi pertanyaanku yaitu gimana caranya biar bisa ngeluarin nada whistle,mas???berkali-kali aq latihan whistle tapi yang keluar cuma bisa mpek nadanya gita gutawa..kan nadanya gita ato trey lorentz yg duet ama mariah carey itu masih tergolong falset..ya kan,mas???ya walopun juga tinggi sich..soalnya kalo dibandingin ama whistlenya mariah carey kan jelas beda..tolong ya,mas jelazin cara-caranya serinci mungkin…mulai dari pemanasan,dll…oiya,aq cowok 19 tahun..thx b4

    agusmupla :
    untuk mempelajari whistle register, agar lebih jelas, coba search di youtube, keyword-nya “whistle register”, disitu banyak contoh2-nya… selamat mencoba…

  127. sore,Mas Agus.
    Sya mw tnya,,(mungkin pertanyaan ini sudah sering di tanyakan)

    1. saya pernah baca di suatu artikel, ada beberapa obat tradisional yang bsa di gunakan setelah latihan vokal. sehingga suara sang vokalis tsb tidak “hilang” keesokan harinya.
    2. gmana caranya supaya suara sang vokalis tdk cepat berubah (berdasarkan kondisi dan cuaca)
    3.adakah obat tertentu utk menjaga kestabilan suara bagi sang vokalis????

    thx.

  128. mas agus .. saya mw tnya’.. gimana yah cara menggunakan head voice yang benar.. tolong di jelasin lebih detail lagi..? soal nya saya sering keteteran klw ada nada tinggi..

    thank’s

  129. hiii mas agus …saya mo nanya neh…knapa setiap saya habis latihan vocal atau nyanyi 1-4 lagu suara saya langsung hilang atau serek….tolong bgt mas aguus..

  130. om agus mo ikutan nanya ni,djwb ya.. seseorang yang ga mmpunyai bakat nyanyi apa bsa bernyanyi tanpa fals dengan latihan yg tekun? jwb ya om!

  131. Buat Sushi :
    1. kalo sy tdk menganjurkan obat2-an tradisional tertentu… yg terpenting adalah jaga kondisi kesehatan dan kebugaran tubuh… tdk mengkonsumsi makanan yg berefek negatif (misal: makanan berminyak, minuman yg terlalu dingin, dll.) beberapa saat sebelum bernyanyi… dan rutin berolah raga… itu udah cukup…
    2. nah.. kalo kondisi seperti yg saya jelaskan di jawaban no. 1 di atas telah terpenuhi, pertanyaan no. 2 bisa teratasi…
    3. tidak ada…
    Buat Faisal :
    Untuk mengeluarkan head voice… vokal “dilontarkan” ke langit2 atas rongga mulut, dibantu dengan nafas perut (perut lebih ditekan)…
    Buat Martono :
    Ada beberapa kemungkinan hal itu terjadi :
    - ada kesalahan teknik vokal, biasanya hal seperti itu terjadi, karena “nyanyi-nya di leher” (cirinya : urat leher keluar…), hal ini tdk boleh terjadi… gunakan teknik head voice… jangan ditahan di leher…
    - kondisi tubuh yg tidak fit/bugar
    jika itu terjadi… tolong jangan dilanjutkan dan jangan dipaksakan terus bernyanyi, istirahat dulu hingga pulih…
    Buat Galing :
    Hmmm… kalo tanpa fals sedikit pun sepertinya cukup berat… jangankan yg tidak punya bakat nyanyi, yang punya bakat nyanyi ajah… kemungkinan untuk fals tetap saja ada… tapi jangan khawatir… melalui latihan yg tekun hal itu bisa di atasi… usaha paling optimal adalah meminimalisir kemungkinan fals…

  132. macam mana nak bg suara boleh tarik tinggi?apabila saya tarik suara saya pecah dan pitching lari entah kemana..tlg ajar aku sih….

  133. Halo nama saya febri, saya mao nanya, mengontrol suara agar tetap pada kunci yang dimainkan, karena saya sering kabur kuncinnya. padahal di G, saya nyanyinya di c. gimana tuh?

  134. Buat Iwan: perlu sering latihan untuk meningkatkan range vokal atau sesuaikan nada dasar (jangan terlalu tinggi)… boleh jadi Iwan ini jenis vokalnya bariton atau bass dan bukan tenor… oya btw Iwan dari mana nih? kok logatnya kayak malaysia yah…?
    Buat Ulla : hmm… kenapa harus ikut-ikutan suara ariel peterpan? kenapa nggak mempertahankan suara sendiri? justru suara sendiri-lah yg harus dipertahankan… bukannya mengekor orang lain… selama masih mengekor (kesuksesan) orang lain… kita akan selalu menjadi bayang-bayang orang lain… so : BE YOUR SELF
    Buat Febri : harus sering latihan kepekaan nada… latihan yg simpel : ikuti lagu yg paling disukai dan dikuasai… ikuti nada pernada-nya hingga bener2 pas… nggak terpeleset lg…

  135. mas, saya mau tanya nich, sebenernya menjadi vokalis sejati itu harus mengikuti range dari sebuah lagu yang di nyanyikan atau menyesuaikan range kita dengan lagu yang akan di nyanyikan?
    dan katanya belajar menyanyi bukan ilmu eksak,maksudnya apa yach?

  136. Buat Thio : yang lebih bijak dan paling memungkinkan adalah lagu yg akan kita nyanyikan disesuaikan dg range vokal kita… itu yg paling realistis dan paling aman… kuncinya : jangan dipaksakan!
    belajar menyanyi bukan ilmu eksak artinya : dalam ilmu vokal bisa terus berkembang sesuai perkembangan jaman, sebaliknya : dalam ilmu eksak seperti matematika sangat kaku dan tidak berubah mengikuti jaman… misal : 2 x 2 kan udah pasti = 4 (nggak akan berubah sampe kapanpun)
    Buat Febri : nggak perlu tahu… yang penting kita bisa mengontrol nada tetap pada pitch-nya…

  137. mas, sy mau tanya lagi nich…,soal teknik nyanyi yang pada saat triak trus micnya agak di jauhin itu,memangnya itu juga termasuk cara supaya suara kita terdengar lebih tinggi yach?

    *agusmupla :
    itu namanya teknik micing, teknik ini dilakukan untuk mengontrol vokal sehingga tetap balance, ketika mengeluarkan nada tinggi, secara otomatis power dan volume vokal meningkat, sehingga jika mic tidak dijauhkan, dikhawatirkan terjadi peak atau over sehingga terdengar terlalu keras…. namun sebenarnya hal ini tidak perlu dilakukan jika perangkat sound sytem-nya dilengkapi dengan compressor, untuk sound system yg bagus seharusnya sudah tersedia compressor… sehingga secara otomatis bisa membalance vokal…
    jadi bukan cara supaya suara kita terdengar lebih tinggi…

  138. assalamu’alaikum kang agus…….
    aduch…… blogNya berarti buanget buat fa….. Syukron ya akh…..!!!!!
    oow lupa! salam ta’aruf dari fa ya kang!!!!

    *agusmupla :
    wa’alaikumsalam wr wb… moga bermanfaat…

  139. Halo..
    Se Andi.. Se mw nanya’, gimana caranya spy se bisa falset lg seperti dulu sebelum se suka screaming??

  140. wow kerend blog na…

    padat berisi
    mengilhami..

    kya na jadi neh gua gantiind vidi …
    hua”…

    vidi looked me…
    okokoko

    terus berkarya mas..

  141. Ass. . .

    Mas gmn sih supaya nafas kta pnjng wkt nyanyi?
    Truz low mw ngluarin vibra gmn sich?

    *agusmupla:
    rajin-rajinlah latihan pernafasan… seperti dalam tips diatas… hindari makanan/minuman yg bisa mengganggu pernafasan, olah raga rutin … biasakan dan perbanyaklah minum air bening… rasakan bedanya!

  142. halo mas agus,FB-nya sudah saya add nh,saya seorang vokalis yang sekarang sedang belajar tekhnik scream padahal dasar suara saya menggunakan suara hidung,apakah itu berpengaruh pada suara asli saya,dan bagaimana cara mengatur artikulasi,vibrasi dan power vocal agar lebih baik…terimakasih

    iMAm………..

    *agusmupla:
    latihan scream bagus juga untuk : meningkatkan range vokal, power, dan artikulasi… tapi jangan terlalu lama atau terlalu sering… harus diatur waktu dan kekuatannya…sebaiknya hindari suara hidung… untuk artikulasi sering2 latihan dengan huruf vokal : a i u e o…

  143. haloooww…mas Agus..,klo cara latihan supaya menyanyi bisa memakai vibrato gimana yach?saya skarang lagi blajar supaya bisa vibrato,tapi blum bisa2…

    *agusmupla:
    perlu diingat & diperhatikan, mengenai teknik vibrato, secara umum sangat ditentukan oleh faktor karakter bawaan tiap individu, ia muncul secara alamiah, tidak dan jangan dibawakan dengan dibuat-buat,
    jadi… bagi yg secara bawaan telah memiliki bakat vibrasi biasanya sangat mudah dan enjoy mengeluarkan vibra, sedangkan yg tidak memilkinya… nggak usah pakai vibrato…
    tidak semua yg memakai vibrato itu bagus dan tidak setiap penyanyi harus punya vibrasi…
    contoh : chrisye adalah salah satu penyanyi sukses yg nyaris tanpa vibrato… dia tidak pernah memaksakan untuk mengeluarkan vibrasi… mengalir aja, kalaupun pake vibra sangat minimalis…
    meskipun begitu, ada teknik latihan untuk bisa mendapatkan vibrato, misal : dengan latihan mengembik seperti kambing…

  144. Mas, Agus, boleh ikutan, kan? Maaf, kalo range vokal (oktaf) suara Afgan berapa? Apa kelebihan vokalnya dari segi teknik vokal, power, dan performance? Terus dia lebih dekat dengan vokal siapa ( Penyanyi Indonesia dan Barat lho)? Trims, ya.

    *agusmupla:
    hmmm pertanyaannya aneh2 aja nih mas naruto… yg jelas range vokal afgan termasuk panjang, perkiraan saya antara 3 – 4 oktaf, kelebihan yg paling mencolok dari afgan adalah : afgan memiliki warna vokal (timre) yang sangat unik, sangat berkarakter, sangat renyah, vokalnya memiliki reverb bawaan…
    yg seperti inilah yg sangat dicari dan diminati seorang produser,
    teknik vokalnya lumayan bagus… powernya sedang,
    dari performance sebetulnya kurang, karena karakter pribadi afgan yg sebenarnya pendiam/pemalu, dia masih kurang meng-eksplor & meng-improve gaya panggung, begitu pula dg komunikasi dengan audiens, masih terkesan canggung dan malu-malu…
    sekali lagi vokal afgan sangat berkarakter, dia : afgan banget! so… cukup sulit untuk membandingkan dg penyanyi lain

  145. Thanks banget, lho, Kang (rupanya Akang orang Sunda, ya?). Saya juga dari USA (Urang Sunda Asli, kok, huhuuuy). Oya, Kang, teknik vokal Afgan tidak sekuat dan sejelas Stevie Wonder meski ia sering menyebut sangat mengidolakannya (konon). Bertanya lagi boleh, kan? Kalau genre lagu yang baik untuk mengasah kemampuan vokal, genre apa, ya, Kang? Dangdut, jazz, R&B, atau? Apa seorang penyanyi dangdut seperti Ridho Rhoma bisa bernyanyi jazz-kah? Motivasi apa yang mendongkrak banyak pemain sinetron menjadi penyanyi? Mohon penjelasan. Diantos, nuhun pisan.

  146. sebelumnya makasih kang atas pelajaraanny
    gini kang….ceritanya (set dah)
    dulu gw pas SmA slalu kuat bw lg2 bernada tinggi, skrang ko jadi berkurang
    itu karen faktor apa kang???

  147. mz…
    thankz iia buat nasihat-nasihatna
    kebetulan aku juga mau belajar jadi seorang vokalis band newh…
    kata temen aku,aku punya karakter suara yang fussion jazz,tapi aku sendiri ga ngerti apa itu fussion jazz…?????
    hehehe,,,,
    terus aku masih sulit buat ngontrol nada walaupun aku udah nutup 1 telinga,,,???
    oiia aku udah coba praktekin pake diafragma buat nambah power tapi kalu pas nyanyi ujung”pake dada lagi,,dada lagi(pernafasannya maksud ane)terus pie????
    oiia 1 lagi,,,,
    aku pernah denger katanya kalu cewe punya nada tinggi yang tersembunyi,,terus cara explornya gimana???

  148. Mas Agus…,saya mau nanya nich, saya melakukan latihan nafas yang seperti mas Agus bilang, kok kayaknya saya lebih enak cobanya kalau posisi badan ga berdiri, itu kenapa?, terus soalnya kalau saya melakukan itu berdiri perut saya ga bisa se-gembung kalau pas lagi bersila/duduk

    sama 1 lagi, kalau saya berpikir kenapa engga ambil nafas secepatnya terus keluarinnya/di tahannya yang lama, soalnya kalau praktek pada saat bernyanyi pas setelah beberapa kalimat kan harus ngambil nafasnya yang cepat…, itu bagaimana? apakah pemikiran saya salah kalau seperti itu?

    terimakasih…

  149. mas,kalo cuman ngliat contoh2 whistle doank ga bisa melajarin caranya ngeluarin whistle,gimana donk,mas???
    tau ga tips2nya???
    thx b4

  150. maff mas ganggu,saya mau tanya tolong dijawab ya mas,
    makanan/minuman apa saja sih yang harus dihindari oleh calon vokalis,
    makasih tolong dibalz lewat email saya ya mas,makasih,,,,h
    tolong banget di balez,,,,, dah,,mas

  151. Met aktivitas aja kak,
    Dari mimi,suara aku tipe rendah,terkadang kalau nyanyi lagu pop,ataupun dangdut kurang pas, banyak falsnya…
    Ada orang bilang kalau aku cocok jadi MC,presenter aja..
    karna suara aku lembut,terkadang juga pas untuk lagu yg rendah motif lagu sedih, atau nada sedang.
    TOLONG KOMENTAR dan SARANNYA YA KAK!!!!

  152. @ mimi : hmm…ini mimi kayaknya f (=female) yah? kalo f berarti jenis suaranya mezo sopran atau alto… nah kalo mezo sopran atau alto berarti range vokalnya relatif terbatas, tipsnya :
    - harus pinter milih lagu, yg pas, yg range nadanya tidak terlalu panjang
    - nentuin nada dasar jangan terlalu tinggi
    - utk ngatasin fals bisa dibaca artikel saya di atas
    - dan sering latihan

    salam sukses!

  153. hi hi master Agus mupla. saya agus purnomo. emm.. mo tanya, mo tanya, cara nentuin nada dasar pas ingin menyanyikan sebuah lagu yg baru di denger tu gmana ya?

  154. mas Agus…sy mau nanya..
    katanya kalau membran pita suara menjadi tebal, kita harus sampai radang dulu yach baru setelah itu pita suara menjadi tebal dan power suara yang dihasilkan menjadi lebih kuat?
    mang bener ya?kalau pita suara menjadi tebal otomatis suara yang dihasilkan lebih berpower?

  155. @ agus p : hmmm.. nyanyinya pake alat musik apa nggak nih? kalo pake alat musik lebih mudah, misal : kalo major ambil di C ato G, coba satu baris, kalo kerendahan, tinggal naikin 1 ato 1/2 nada (dari C naik 1 nada ke D, kalo dari G naik 1 nada ke A), ato sebaliknya kalo ketinggian, tinggal turun 1 nada ke bawah…
    kalo nggak pake alat musik, gampang juga sih, tinggal ambil satu nada awal… trus ambil nada tertinggi (biasanya nada tertinggi terdapat di reffrein)… nah yg jadi acuan adalah nada yg tertinggi ini… jika nada tertingginya kita nggak kuat… maka turunin nada dasarnya…

    @ tio_rvs : menurut saya hal seperti itu lebih baik dihindari, tidak baik jika harus sampai peradangam… pita suara jangan dipaksakan untuk dilebarkan… sangat beresiko/berbahaya…
    lebih baik untuk peningkatan power dari latihan pernafasan aja…

  156. Pak Agus, Saya Tere. Dari kecil hobi sy nyanyi. tp bntr j pak. ampe sma sy nd nyanyi2 gt. plg2 tahan nyanyi hya 1 jam. N suara saya waktu itu halus, lembut . N wktu sy sma kelas 3. sy byk menghabiskan wktu dgn nyanyi. sehari gw nyanyi bs 3 jam ato 4 jam. lbh krg saya lakuin itu mo baru 6 bulan. nah, apakah sjk nyanyi ini. suara qu yg halus, bs berubah jd agk ksr, lengking gitu .Pak, gmn cara mengurangi suara lengkingan! kata kawan-kawan , suara qu cempreng bgt. terkadang gw sendiri juga heran. Ketika ad lagu yg bernada tinggi bgt, pasti lengkingan qu ad. gw ngerasa aman klo pake lengkingan wktu suara tggi. nda ad halangan apa2. cuma lengkingan nya itu cempreng banget pak “nda enak di dgr”, n wktu ngmg sama kawan. kadang2 jg melengking. apa lage teriak. bagaimana cara ngatasi ini pak?saya pernah cb pake suara rendah, tp cepat capek pak. nda tahan nyanyi ampe sejam. kira2 bbrp mnit j.udh itu suara sy kyk cowok lg pak wktu make suara rendah. klo pake lengkingan, bs nyanyi ampe 3 jam. tp nyanyi biasa gitu j. apa kah org yg suara na tinggi, di ubah jd rendah. suara na jelek?trus pak, jika saya memakai suara kepala, apakah bs menghilangkan suara lengkingan? pak, punya cara teknik suara kepala dgn jelas?maaf. saya kurang mengerti teknik yg di atas. tp cara ambil pernapasan na saya ngerti. hehe.(thx)…
    satu lg pak, kenapa ketika saya mendengar mp3. trus sy nyanyi yg keluar bukan suara asli. tp gw mengikuti gaya2 suara penyanyi. keq make suara palsu.sehingga suara qu mdh2 bgt berubah2. klo dah suara cowok yg nyanyi, suara qu jd rendah bgt. ini bagaimana cara ngatasi na?bagaimana cara ngeluarin suara asli? thanks pak

  157. mas Agus, kalau suara kita nyanyi hampir sama dengan kalau kita ngomong biasa, itu hal yang positif apa negatif?
    terus kalau suara kita nyanyi beda, ga sama dengan kalau kita nyanyi, itu hal yang positif apa negatif bagi seorang vocalist?

    *terimakasih sebelumnya…

  158. *ralat

    mas Agus, kalau suara kita nyanyi hampir sama dengan kalau kita ngomong biasa, itu hal yang positif apa negatif?
    terus kalau suara kita nyanyi beda, ga sama dengan kalau kita ngomong, itu hal yang positif apa negatif bagi seorang vocalist?

    *terimakasih sebelumnya…

  159. hy mas agus, lam knal. aku tiwi, suara aku sopran mas. hm thx bnget tips ny.
    but, tiwii mau nny. wktu pagi” tiwi pernah khlangan suara n siang ny udah kembali lagi. tpi ada perubahan, suara tiwii jadi kayak merendah nm jarang bisa narik nada” tinggi.
    prtanyaan nya, knapa itu bs terjadi n apa solusi bwat ngadapin suara yg lagi gituu…..thx before…..

  160. asslam.salam kenal mas, saya dedi.saya suka nyanyi terutama nasyid.tapi suara saya agak susah suara tinggi, itu karakternya apa y namanya?tolong tipsnya supaya suara saya tidak merasa tertahan ketika nyanyi. dan juga tipsuntuk suara bass pada nasyid acapella.makasih sebelumnya.

  161. Ass.kang masih ingat dengan saya????
    saya finalis mujnsiy idol yang pernah akang juriin.

    saya sangat tersanjung dengn pijian akang dulu klw saya sudah memilikim penguasaan panggung,sudh mulai menampakan klw bernyanyi itu bercerita serta dinamika vokal saya,,,,terimakasih atas sarannya,,,
    walupun saat itu saya tidak menang,,tp saya sangat senang sekali….masukan dari akang akan saya pegang terus….Insya Allah saya akan mengikuti festival lainnya dekat2 ini dan akan saya terapkan masukan akang terutama tentang esensi bernyanyi itu sendiri….syukron kang agus.
    wass

  162. Trima kasih sebelumnya,
    sy br masuk didunia vokal, saya ingin tau bagaimana caranya agar penonton suka dengan kita, suara kita, dan gerakan kita,..

    tolong y…
    Terima kasih jg, qrn media ini tlah bnyak mbantu orang-2 yg ingin suara vkl lebh baik.

  163. mas agus,,saya ini vokalis yg suka ngebawain lagu2 dream thater..yg vokalisnya james lebrie..tp saya ngebawain lagunya cm di studio atau akustikan,,blum pernah bawain secra live..kata gitaris saya suara saya cukup bagus menyanyikannya..tapi saya merasa kurang nyaman menyanyikannya..saya nyaman dengan nada2 rendah…bagaimana agar saya nyaman menyanyikan nada tinggi itu mas?mohon bantuannya..trims..

  164. hy,,,,
    ak lian nich,
    ak seorang song lidear . ak punya bakat menyanyi dari kecil tapi sayang nya gak ada yang mw ngajrin secara frofesional.
    ak pingin jd seorang penyanyi yng handal dan di senangi bnyak org.
    oh ya umur ak masih 13 tahun. N ak udah pnya bakat sejak kecil ya klu bisa tinggal dilatih aja lagi biar lebih maksimal..
    tQ Ea..””

  165. Ass. K agus…
    Lamb kenal yuah, aku Ovie…
    makasih yach buat tipsnya… boleh juja tuh…!!!
    oy K, yang teknis nafas dari perut itu ko d cek2 gag keras2 yc, padahal aku udah coba.. apa perut aku ajja x yach yang lembek… hehhehe

  166. Thanks yah kak agusssss
    akhirnya aq bisa mengontrol panjang nafasku
    lagian range yang kumiliki sudah tinggi
    dr A1-G#6
    DAH LUMAYAN TUH
    thanks buat ajarang memanjangkan nafas

    • Hah? G#6? Wilayah Register Flageolet / Whistle tuh…. serius bisa? berarti whistle nya Christina Aguilera di “Pero me Acuerdo De Ti” nyampe dong?

  167. salam kenal bos,
    aku bukan seorang vocalis tp diminta untuk jd penyanyi salah satu band dan kendalanya adalah nafasku tuh pendek banget dan ngga punya karakter vokal apa bisa jd vokalis band thx

  168. Halo, salam kenal ya…waduh seneng bangget nih baca blog kamu…dapet ilmu. Btw kalo kata guru vocal aku, range vocal aku cukup luas, hampir 4 oktav. Jadi, waktu di paduan suara, bsia di Bass kadang Tenor xi xi xi….

  169. Hallo mas agus…

    Namaku edi…sementara ini masih berkisar di nyanyi di klub dan karaoke. Aku sekarang msh latihan utk karakter vocal, satu hal yang ingin aku tanyakan, aku memiliki radang amandel dan kadang memiliki dahak dan menghambat suara keluar. Aku berniat untuk mengoperasii amanedelku dalam waktu dekat, apakah hal ini akan mempengaruhi kualitas suaraku nantinya?

    yang kedua, bagaiman berlatih vibra yang baik karena suaraku msh belum menghasilkan vibra yg baik

    terima kasih mas

  170. Mau Nanya ne…
    biar suara jadi halus N terus suara jadi serak2 basah gmana?
    Oohh ya tau ga caranya biar pas nyanyiin lagu peterpan yang bintang disurga biar pas reff nya ga berat??
    Makash…

  171. Mas Aku Mau nanya yaaa,,, aku baru umur 15 tahun ,, aku udah nyanyi dari umur 5 tahun,, tapi koq range vocal aku cuma 3 oktav terus ya???? aku udah coba tips dari mas tapi lum berhasil ampe sekarang,, hehehe
    apa bener kalo suara kita mau bagus ga boleh minum yg dingin2 sama yg berminyak?????? aku suka nyanyi nasyid ,,, tapi aku juga suka nyanyi lagu barat ,, mas dengerin suara aku ya di Youtube ikutin link ini
    http://www.youtube.com/watch?v=eSOICLPKLhY
    .. kalo udah denger gimana menurut mas suara aku?? mang ada yg fals sih dikit ,, makasih ya

  172. gimana siih cara ngeluarin falsetto dengan baik !??

    tolong dong ..

    jadi susah latian ke studio soalnyaa ..

    huhuhuhu :(

  173. PERMISI…
    NUMPANG NANYA MAS…

    PENILAIAN-PENILAIAN TEKNIK VOCAL APA-APA SAJA SIH MAS ???
    mohon dijelaskan dengan terinci…

  174. hallow…salam kenal…saya suka bangets nyanyi dari kecil sich, tapi saya gak yakin apa saya bisa jadi penyanyi…saya rasa suara saya standar biasa aja…gak bagus2 amadd….gimana yaa, pengen eksis di dunia tarik suara…saya cuma bisa karoekean aja di rumh..pengen ngembangin bakat and belajar vocal tapi sama siapa…SOLUSI…SOLUSI…i need it so much!!

    salam…saya, REZA.

  175. kira-kira ada gak yaa…yang mau ngerekrut gue jadi vokalis, vokalis band atau nasyid juga bolehh…bosen gue nyanyi karoekean muluk di rumahh, sampek DVD gue rusak parah and mik gue mati2…hahai, ngayal bangets neh gue..hehe

  176. HAI KAK GINI AQ AWAL AQ DARI KECIL [SUKA NYNYI TAPI KENAPA WAKTU SAYA UMUR 17 TAHUN SUARA JADI JELEK DAN KATAN YA AQ NYNYI ITU KAYA ORANG DI CEKIK DAN SAMPE[ SKRNG AQ GAK TAHU GMANA CARA MENYANYI DENGAN BNAR TLO[NG DI JAWAB YAH KAK MAKSH

  177. assalamualaikum….
    kang boleh nanya ga????
    gimana seh mensiasati penampilan saat kelelahan waktu nyanyi???
    truss bwt yang napasnya belum panjang ato stamina yang udah berkurang saat tampil?????
    syukron…..

  178. duh…
    menagapa iyah klo setiap aq maw menyanyikan lagu yg nada’nya tinggi power aq nda keluar…?
    kasi solusi’nya dong iyah…
    thaks….
    ^_^V

  179. halo mas Agus…
    Salam kenal… saya diminta utk melatih vocal untuk anak kls 1-6 di sebuah sekolah dasar.. Saya kebetulan pelatih koor.. saya bisa bermain musik (organ) walaupun ga mahir. Saya kesulitan melatih vocal utk anak2 yang usianya berbeda,sementara mereka berada dalam satu ruangan yang sama. gimana cara melatihnya. Trims

  180. makasih bgt bro infonya.
    untuk aku ini sangat berguna bgt .
    aku sempet kehilangan suara krn ada peradangan di tenggorokan.jd untuk memulihkan kembai membutuhkan wkt yg tidak cepat.

    • aku punya triknya agar bisa menggunakan whistle register dengan baik, bangun tidur coba kamu gosok gigi dgn begitu mulut terasa enteng dan silakan km teriak,hasilnya dijamin melengking dan kalau kamu melakukan tiap hari aku jamin km bisa menguasainya, soalnya aku sendiri skrg udh lumayan mahir jg kalau disuruh niup peluit tanpa peluit, coba d

  181. .hi mas agus..
    .slm knall ya, aku ankga..
    .mas aku mau tanya ,kalo kita terbiasa jadi vokal bass(suara 2), apa kita gag bisa nyanyi jadi vokal bariton ato tenor ??
    .cz ni aku punya grup vokal,nah aku jadi suara 2..n setiap nyanyi ma tmen2 suaranya baik-baik aja,,tapi kalo nyanyi sendiri katanya aku kaya bersenandung aja gitu,,gag jelas artikulasinya..
    pliss kasi tips dunk biar artikulasinya jelas….

    .thanks B-)

  182. MAS, TOLONG DIJAWAB YA,Hehe
    aku cowok dan bukan seorang penyanyi tapi aku suka bernyanyi dan aku fans berat mariah carey sampai2 aku tertarik belajar tehnik vokal seperti dia,jujur skrg aku bisa melakukan tehnik WHISTLE REGISTER,awalnya saya senang krn hanya sedikit cowok yg bs tehnik satu itu TAPI aku punya masalah disini,tiap aku menggunakan tehnik satu itu kadang gak pas sm musiknya entah terlalu tinggi atau apanya, PERTANYAANNYA: bagaimana saya mengontrol tehnik WHISTLE REGISTER agar kelak saya bisa menjadi penyanyi besar,makasih ya, ditunggu jawabannya ^,^

    • emang kamu bisa? coba d lagunya mariah carey yang EMOTIONS, kalo emang udh pas boleh d aku minta resepnya…………….. km bisa upload di youtube nanti, aku pengen tau tingginya sampai oktav keberapa

  183. aku senang sama web ini…
    aku suka nyanyi dengan ada we ini aku jadi bisa nyanyi lebih baik…..
    tapi aku mau tanya cara ngeluarin suara kopstem gmna???
    bisa kasih tau bagaimana caranya??? d tunggu jawabnnya…
    tks sblumnya…. =)

  184. mz q mw tnya, q kn ngk prnah scream mz..
    tba2 suara saya serak ssudah manggung..

    awalnya suara saya sdikit ngbass gt..

    solusinya gmn mz supaya suara saya balik lg…

    kapok dch nyanyi pke scream gt…!!!!hehehehehe..

  185. ikut gabung dong. mungkin pertanyaan ini dah pernah ditanyain atau di post-in,tapi aku ni bener2 g ngerti gimana caranya biar ni suara ada vibranya-biar g terlalu plain gitu…..gimana cara latihannya…. saya lagi mempelajari spy-nya the moffats dan itu mantep bgt)….thanks y

  186. Om, Agus, mau nanya, aku tu dapat mengambil nada tinggi, ya dibawah Mariah Carey sdikit_lah. Tapi aku mengambilnya dengan “falsetto”, jadi meskipun “tinggi” tapi agak kurang terdengar atau terdengar “lirih”. Sebenarnya aku bisa mengambil nada tinggi dengan suara “stengah menjerit”, tapi aku tidak bisa mengontrol nada yang aku inginkan, maksudnya aku bisa men”cengkok”kan nada tinggi melalui falset, tetapi tidak, melalui trknik stengah menjerit. Yg igin aku tanyakan, apakah terdengar “pantas”, apabila saat menyanyi tiba-tiba mendadak “tinggi” tapi kurang terdengar?
    makasih, ya.

  187. Hi Mas Agus, salam kenal. Nama q Adit, palangkaraya. Aq ngefans ma agnes monica. (Lucu y, coz x aq cowok). Tipikal suara ku bass. Aq sering nyanyi, tp bnyak yg koment suara q sering timbul tenggelam output nya, itu terjadi saat aq nyanyi diirngi band. Tp, low cman diiringi akustik, gak full band suara nya jelas n lantang. 1 lg, aq nyanyi pas full band n akustik t make dinamika yg sma power x. . . Apa yang harus q benahi + gmana caranya?
    Thx.

  188. salam kenal bung. . . . bagaimana cara menjaga kestabilan nada saat bernyayi aliran opera…??? tekhnik gimana supaya bisa nyanyi denan nada tinggi…???

  189. saya memiliki suara bass dan mampu menyanyikan lagu2 nada tinggi dan nafas saya juga panjang namun saya sering sekali fals… dan satu hal lagi untuk huruf vokal U saya sering kesulitan ..
    dan huruf vocal “i” bisa nada tertinggi.. kasih masukan dong

  190. assaLamuaLaikum maz aguz..
    sya mau tnya nih maz!!!
    ap bner y seorang penyanyi tuh uratnx di Leher pazti kLuar..
    ap ya maz pengaruh urat2 itu trhdap teknik vokaL???
    trims.. mohon djeLasin y? :)
    wassalam..

  191. caranya pake head voice/ suara kepela itu bagaimana ya?
    tolong di balas,, saya mohon sekali. penting
    .terimakasih sangat

  192. Salam hangat masbro n mbaksis… mohon maaf udah lama nggak reply komen… makasih atas kunjungannya.. oya sekalian ada info.. mudah2an bermanfaat buat masbro2 n mbaksis2…. skr ini sy tengah persiapkan website khusus untuk forum vokal… bisa diskusi, sharing dan apa aja ttg vokal.. dan ada kursus online jg dg biaya terjangkau… so nantikan yah launchingnya.. mudah2an tidak lama lagi… makasih (Agus MuplA)

  193. hi… Salam yak.
    Aku cwok umur 15. Hehe
    Stlh mncri-cri situs/blog mngenai teknik vocal, akhrny ktemu jg blog/situs ny. Hahaha.. Oy, pngen nanya2 bole kan?
    1. Gmn sih cra mengetahui jenis vocal?
    2. Stiap kali brnyanyi pasti yg aku gunain napas dada, pengen cba napas perut knp g bs y! It knp? Trus cra gunain pernapasan perut gmn?
    3. Cra gunain whistle voice gmn?
    4. Cra mlempar suara/nada ke head voice gmn?
    5. Range vocal it apa?
    6. Moa miamo it cra gunain ny gmn?
    7. Gurah it apa y?

    Oy, wktu it aku pernh nanya sm tmn aku, ‘gmn sih suara aku?’ trus dy jwb ‘suara km serak2 basah plus brgetas/vibra’ it tnda ny aku punya jnis vocal ap y??

    Mohon bantuan ny supaya d bls.. Makasih y?

  194. Salam kenal mas agus ☺.. Saya shanti. wah kapan nih mas launching kursus vokal online nya? Sy tertarik. Semoga website forum vokal nya juga cepet ready yah. Sy tggu kabarnya yah mas. Tq mas agus..

  195. Saya penyanyi.dgn warna suara (karakter vokal) distorsi..tp berange rendah.
    Чǝлб ingin saya tanyakan..tekhnik vocal sperti apa yg hrs saya lakukan??
    Karna smkin ksni..vkal saya,saya rasa semakin rendah..untuk mengambil falseto pun agak sulit..
    Teman saya berbicara,karakter vkal sperti saya,klo tidak menggunakan tekhnik yg benar bisa terjadi kerusakan pada pita suara saya..apa yg seharusny saya lakukan,untuk menjaga suara vkal saya..
    Terima kasih

  196. salam kenal ,,,

    jika ingin merasa pd dalam bernyanyi hal apa yang harus d lakukan ?
    dan bagaimana cara membuat suara kita mendaji mulus ?tetapi bukan dengan suara yang falseto ?
    terimakasih

  197. Wah,bagus banget nih infonya,saya belum tau nih jenis vokal saya apa?,gimana sih cara menemukan jenis vokal sendiri?,untuk info” lainnya minta tolong di email yah,terima kasih.

  198. Salam kenal ms Agus, sya iwan dr mlang, sya mw minta saran ni ms, sya vokalis band yg brgenre deathmetal, slama ini sya brlatih vokal dr youtube & sharing dgn tmen2 vokalis yg laen, tp hsilny msih krg max. sya mw nanyakan, sbnerny teknik lat brnyanyi utk musik2 dthmetal it ap sama sperti jnis2 musik yg lain? Soalny sya bingung, nadany kan sma smw, g kyk lagu2 lain yg brubah2, jd msak hrus pmanasan pake vokalisi jg?…trus wkt lat sma band 30mnt aj, nafas sya ud kdodoran, wkt scream sustainny jg jd pendek, sya paksa pake nafas perut, eh, perut sya yg kram…hehe, it gmn solusi ny ms? Mhon pencerahanny, trima kasih

  199. mas mau nanya nih,, aku pengen banget belajar seriosa tapi suara aku masuk kategori bass apa jenis suara aku bisa untuk jenis lagu itu?? trims

  200. Mau tanya , cara untuk mengetahui jenis vokal kita itu gmn ya ? Saya laki laki usia 16 thn . Suara saya dlu lembut . Tp skarang agak ngebass .. Kata temen temen suara saya sih sopran.. Gmn tuh ? Terimakasih..

  201. mas mau nanya kalo head voice itu gimana ?dari penjelasan lewat tulisan saya kurang mengerti ..apa ada video tutorial head voice (bahasa indonesia) trims sebelumnya

  202. tipsnya bagus..
    Tapi saya masih ada sedikit kendala ni mas dlam prnapasan perut, mungkin karna perut saya aga brotot kali ya? Tapi saya terus mncoba yg ada kepala saya pusing..
    Mohon solusinya..
    Wassalam.

  203. aduh ngebantu banget nieh tips_y..
    btw gue ikut indonesianidol nih..
    nah buat tips dan trikny kira2 bisa di share lg gk?? soalny pngn dpt masukan2 dari orang lain..,,
    terutama buat nafas….
    kadang gue ngmbil dari perut kadang dari rongga dada nah gmn tuh kira2 cara mengatasinya…

  204. Sblum’y lam knal…

    Mas…
    Mo mnta saran’y nie…
    Bleh gk…¿

    Gmana sie cara’y supaya bsa nyanyi dg tempo yg tpt…
    Soal’y saya trmasuk orang yg mngidap “PENYAKIT TEMPO” dlm brnyanyi… (^_^)
    Tlong tips’y…
    N satu lg…
    Gmana cara’y memperkuat prnapasan dlm brnyanyi bg orang yg mengidap pnyakit asma…¿

    Trims bgt wat saran’y…
    (^_^)

  205. Permisi. :)
    Mau tanya nich?knapa ya mas kalo pas aku nyanyi kalo pas teriak nada tinggi itu suka sulit bnget,ga bisa keluar suaranya..dan kadang kalo bawain 4 lagu itu suara saya itu jadi fals,gk kaya wktu bawain lagu ke 1..
    Bagai mana cara mengatasinya?
    T0long jawbannya?mksh. :)

  206. mas agus saya numpang tanya kira2 saya kan punya suara jangkauanya 3 oktaf ke atas tetapi pas saya nyanyiin lagu lagunya brunomars suaranya jadi aneh gak pas kayak brunomarsnya knp ya ? apa saya emg gak bakat nyanyi?

  207. Aslmikum.
    Mass sy mao tanya nh.sy kan suka sholawatan suara sy ngebass n jg rendah..tp trkdng kl sy naik ke nada tinggi knv suka k idung yah trus jg sering fals.?
    Trus bs gk yh suara ngebas bs ke bariton.?

  208. Siang mas mau tanya nih…sy punya anak usia 9 tahun, sejak usia 3.5 tahun sudah berlatih menyanyi dan sring menjuarai lomba Vocal. yang saya ingin tanyakan, untuk mencapai prestasi yang baik berapakali kali latihan dalam seminggu?
    Untuk sementara ini latihan dirumah hampir setiap hari kecuali hari minggu lama waktunya sekitar 30 menit. Seminggu sekali bertemu dengan guru les vocalnya.
    Terus apabila menjelang waktu lomba bagaimana jadwal latihan yang baik….??

    Terimakasih
    Ari Semarang

  209. assalamu’alaikum mas…..
    saya seorang qori’ah mas keluhan saya ini pas suarasaya saya pke nada tinggi itu seperti suara bocor gt mas gag serak sih…cuma agak hilang aja powernya jd power suara saya gak stabil….
    mohon saranya mas Agus,,,
    trmksh…
    wassalamu’alaikum…

  210. kasih tips dong soaln ya kalau aku nyanyi masih sering kali nggak melepas suaraku jadinya suaranya serasa kejepiy gitu jadi susah terus kalau udah coba ngeluarin suara yg lepas biasanya suaranya kayak seriosa gitu disini aku mau tips gmn cara ngeluarin suara lepas plus suara jadi merdu gitu

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s