Optimasi Networking

Entrepreneur 1Jaringan yang luas memiliki kekuatan daya ungkit (leverage) luar biasa dalam bisnis. Prinsip networking pada dasarnya adalah bentuk dari sebuah sinergi, silaturahim, bertemunya potensi-potensi  yang berserakan, dipadu menjadi satu kekuatan yang saling memberi, saling support, saling membantu, saling bekerja sama, saling menguatkan, dll.

Temuan saya di lapangan, selama perjalanan bersama GIMB dalam memberikan coaching dan pembinaan terhadap para entrepreneur muda, banyak sekali manfaat yang didapatkan dari optimasi networking. Diantaranya adalah :

  1. Peluang

Dalam berbagai program GIMB, banyak terjadi sinergi yang berawal dari pertemuan dalam berbagai program, seperti program talkshow rutin “I Love Business” di Bober Cafe. Dari program ini, tak sedikit peserta yang berlanjut pada pertukaran peluang, kerjasama, merger bisnis, menjadi mitra bisnis, bertemu supplier, bertemu reseller, referral, bertemu calon customer, bahkan bertemu calon pasangan hidup. Inilah yang menurut saya bisa dikatakan sebagai “berkah dari silaturahim”.

  1. Investasi

Menjalin networking, tidak hanya untuk tujuan jangka pendek, tapi juga harus diorientasikan untuk tujuan jangka panjang. Bisa jadi pertemuan saat ini tidak teronversi menjadi transaksi/closing, tapi pertemuan saat ini minimal telah menghidupkan tombol “ON”, sehingga suatu saat nanti ketika dibutuhkan, bisa terjadi transaksi/closing. Ini sebuah aktivitas investasi intangible dengan membangun potential market. Bisa jadi, mereka mereferensikan bisnis kita pada saat diperlukan.

3 . Reputasi

Semakin banyak membangun networking dengan melakukan interaksi dengan banyak orang, akan semakin terbiasa dan piawai dalam berhubungan dengan orang lain. Ketika ini dijalankan dengan konsisten, disertai dengan upaya sungguh-sungguh penuh integritas dan dedikasi untuk memberi manfaat pada sebuah komunitas network, maka akan terbangun reputasi yang baik.  Dengan reputasi yang baik sangat memungkinkan terjadi deal-deal transaksi yang lebih mudah.

Prinsip yang harus dipegang dalam membangun network adalah kejujuran, memberi manfaat, berpikir win-win, dll. Mulai saat ini, tak ada lagi sikap mengurung diri. Bangunlah networking seluas-luasnya, baik offline maupun online. Kehadiran internet dan social media sangat membantu percepatan dalam mebangun networking. Jadikanlah networking sebagai penentu faktor kali dalam upaya meraih kesuksesan.

Salam sukses juara!

Agus Santoso | Founder GIMB

Motivasi Bisnis Motivasi Entrepreneurship Sekolah Bisnis Sekolah Entrepreneurship

Advertisements