Spirit Bushido

Motivation 3.0Di negeri Sakura Jepang dikenal sebuah kode etik ksatria para samurai yang disebut Bushido. Secara etimologi, Bushido berarti jalan samurai. Pada awalnya, Bushido ini merupakan spirit kepahlawanan strata samurai dalam tatanan feodalisme Jepang dulu.

Seiring bergulirnya waktu, hingga kondisi aman dari pertempuran di masa pemerintahan Tokugawa, mulai masuk pengaruh confucianisme. Dari sinilah nilai-nilai Bushido yang menekankan pada totalitas dan kedisiplinan mulai bertransformasi pada nilai-nilai entrepreneurship.

Dalam Bushido ditanamkan nilai totalitas. Jadi, jika Anda seorang entrepreneur, maka Anda harus “menenggelamkan diri” sepenuhnya sebagai seorang entrepreneur. Setiap detik dalam hidup ini harus dijalani dengan sungguh-sungguh. Tak ada kata setengah hati. Tak ada sikap malas-malasan.

Orang-orang hebat dan sukses kelas dunia telah berhasil “menenggelamkan diri” mereka pada bidang yang ditekuninya. Bill Gates sejak SMP telah menggeluti bidang IT, terus fokus dan disiplin, hingga sekarang menjadi orang nomor satu terkaya di dunia dengan bisnis IT-nya.

Selain totalitas dan disiplin, ada beberapa nilai Bushido yang relevan dengan entrepreneurship, diantaranya :

  1. Menjaga Integritas

Integritas mengandung arti jujur dan utuh. Keutuhan dari seluruh aspek kehidupan, terutama antara pikiran, perkataan, dan perbuatan. Nilai ini harus menjadi nilai utama dan dijunjung tinggi oleh para entrepreneur. Nilai ini juga yang akan meningkatkan trust dan loyalitas pelanggan.

  1. Berani Menghadapi Kesulitan

Keberanian yang didasarkan pada nilai-nilai kebenaran, ilmu, dan kemampuan. Artinya, bukan hanya berani yang membabibuta. Jika yakin dalam kebenaran, harus berani menghadapi resiko apapun. Bagi seorang entrepreneur, harus memiliki keberanian yang terukur, yang didasari oleh Knowledge, Skill, dan Attitude.

  1. Menghormati Orang Lain

Sikap santun dan hormat adalah syarat mutlak bagi keharmonisan hubungan sosial. Seorang entrepreneur tak boleh bersikap kasar, angkuh, dan ceroboh pada orang lain. Inilah yang menjadi dasar kepuasan karyawan dan kepuasan pelanggan dalam perusahaan.

Salam Sukses Juara!

Agus Santoso, Founder GIMB | @agusbipoz | http://www.gimbers.com