10 Karakteristik Wirausahawan Andal

Baris

wirausahawanKarakteristik Wirausahawan Andal :
1. Punya rasa percaya diri dan kemandirian yang tinggi.
2. Mencintai kegiatan usahanya dan perusahaannya secara lugas dan tangguh.
3. Mau dan mampu mencari dan menangkap peluang.
4. Mau dan mampu bekerja keras dan menekuni bidang usahanya tanpa kenal menyerah.
5. Mau dan mampu berkomunikasi baik dengan pihak internal maupun eksternal
6. Mau dan mampu bernegosiasi dengan win-win solution.
7. Menghadapi hidup dan menangani usaha dengan terencana, jujur, hemat, dan disiplin.
8. Mau dan mampu meningkatkan kapasitas diri sendiri dan kapasitas perusahaan dengan mengelola dan memotivasi orang lain (leadership/managerialship).
9. Mau dan mampu melakukan perluasan dan pengembangan usaha dgn resiko yang moderat.
10. Berusaha mengenal dan mengendalikan lingkungan serta menggalang kemitraan.

18 thoughts on “10 Karakteristik Wirausahawan Andal

  1. assalamu’alaikum wahai saudara ku……….
    saya mahasiswa dari medan…..
    saya ingin berwirausaha, akan tetapi saya takut untuk memulainya. apakah ini salah satu gambaran bahwa aku tidak akan berhasil jikalau aku menjalaninya nanti………..
    terima kasih ama solusinya……..
    wassalaam……

    • Ikutan ah :)
      ‘alaikum salam wr wb..
      Saya bukan pengusaha atau sejenisnya, saya sama sekali belum sukses. Sukses itu relatif, dan menurut saya bisa dikatakan sukses apabila hidup di dunia bahagia, di akhirat masuk Syurga, he3x.

      Saudaraku, rasa takut wajar kita miliki. Maka sebelum memulai usaha menurut saya kesepuluh karakteristik di atas yang disampaikan oleh Kang Agus Santoso (Admin) sangat membantu.
      Jadi memang diantaranya kita harus mampu menangkap peluang, dan yang penting jenis usahanya itu harus kita cintai.

      Sebuah dampak atau hasil akhir (sukses atau gagal) tentu harus kita terima salahsatunya. Namun tentu saja siapapun ingin berakhir dengan sukses. Pengusaha atau pebisnis lainnya memang spekulasi, tapi terukur.

      Saya memulai usaha percetakan pun awalnya banyak keraguan. Saya punya keyakinan, apabila kita mau memulai untuk berbisnis, akhirnya keraguan dan sejenisnya mulai terkikis. Kalau tidak ada tindakan, bagaimana sifat-sifat yang menghalangi kita itu akan bisa hilang?

      Barangkali ketakutan saya melebihi ketakutan saudara2ku yang lainnya, sehingga bisnis yang saya jalani ini sebisanya saya lakukan tanpa modal, sehingga tidak beresiko lebih.
      (baca artikel http://aliyadp.wordpress.com/2008/09/23/usaha-percetakan-tanpa-modal/ ).

      Setelah saya beranikan diri, eh di luar dugaan. Semua konsumen menilai saya positif. Akhirnya setelah saya imbangi dengan promosi (walaupun pake jalur gratisan, he3x) akhirnya produk2 saya sampai ke Bali, Sulawesi, Singkawang, Magetan Jatim, Jakarta, Tangerang, Bandung, Garut dll.

      Mohon maaf sekali lagi, saya hanya berbagi pengalaman di jenis usaha yang mungkin tidak disenengi sama yang lainnya, karena tiap orang beda-beda hobby, dan jangan dipaksakan. Masih banyak jenis usaha yang bisa kita ciptakan.

      Kebanyakan Perguruan Tinggi menyiapkan lulusannya siap bekerja, bukan menciptakan mahasiswa yang bisa bekerja sebelum lulus. Untuk itu, segera aplikasikan ilmu pengetahuan kita selama kuliah pada real bisnis, dan tentunya tidak mengganggu aktivitas kuliah.

      Duh maaf terlalu panjang lebar, terima kasih, ma’aaaaf sekali lagi.

      Wassalamu’alaikum wr wb..

  2. ass….
    i’m shanty from makassar ,,,
    aaaaaaaaaaaaq tuch pengen banget bisa mandiri,itulah aq msuk ke sekolah kejuruan…tapi…aq punya kendala dalam mewujudkan keinginan saya itu…tentang gimana sy bisa dapat modal dan lahan untuk mendirikan suatu usaha itu…..dan usaha yang saya maksud di sini ad/ membuat warnet…kira2 berapa mmodal yang saya perlukan??

  3. Buat AlQamara : was wr wb. maaf baru ngebales, untuk memulai bisnis memang diperlukan keberanian (bahkan lebih ekstrim lagi : nekad!)…ups…
    tapi… tidak melulu keberanian, beberapa faktor lain pun perlu disiapkan, seperti IDE BISNIS, NALURI BISNIS, KREASI, modal finansial, dll.
    nah ketiga kemampuan yg sy tulis kapital di atas, jika digabung dengan KEBERANIAN, sejatinya sudah cukup jadi MODAL berbisnis dan menyongsong kesuksesan…
    Satu hal yg perlu diingat, salah satu RAHASIA SUKSES dari orang2 sukses adalah : mereka SELALU BERPIKIR POSITIF…
    Ingat LOA (Law of Attraction), atau kalo saya lebih suka mengatakannya sebagai HUKUM PERSANGKAAN BAIK…
    di sini kita akan temukan betapa hebatnya KEKUATAN PIKIRAN dan KEYAKINAN hati yg mampu mendobrak pintu2 ketidakmungkinan….
    Jadi, daripada takut, dan berpikiran tidak akan berhasil, lebih baik tumbuhkan sikap BERANI, dan berpikiran positif bahwa SAYA AKAN SUKSES, lebih spesifik lg (misal) : SAYA AKAN JADI PENGUSAHA SUKSES 3 TAHUN KE DEPAN!
    Selamat mencoba dan MEMBUKTIKAN!

  4. Buat Adinda : kendala modal finansial, jangan dijadikan kendala, jika telah berkeinginan kuat untuk berbisnis, dan belum punya modal sendiri, coba berbagai cara, misal : melalui pengajuan proposal ke kerabat, relasi, lembaga keuangan, dll. Dituntut kreativitas kita untuk bisa mendapatkannya.
    Mengenai modal awal untuk warnet, sebagai gambaran, bisa diformulasikan dengan perbandingan Rp. 5jt/PC. Jadi kalo ingin buka dengan 10 unit PC (Personal Computer), dibutuhkan 10 x 5jt = 50 jt.
    Tentu ini perhitungan relatif, karena dipengaruhi juga oleh faktor lain, seperti Spek PC, ISP, wilayah/sewa tempat, dll.
    Selamat Berwirausaha….

  5. barangkali bisa dibantu dengan proposal yang lebih rinci,akan lebih mendorong kami untuk lebih berani untuk mulai.trims.

  6. aslmualaikum.
    mas mw tanya dong..
    cara kita mengasah ide2 kita supaya lebih kreatif gmn???
    dan supaya ide2 kita gak ngebosenin.
    thx

  7. wa’alaikumsalam warahmatullah
    hmmm… buat mengasah biar punya ide2 kreatif :
    - sel-sel syaraf otak kita harus distimulasi dengan banyak berpikir agar sel2-nya aktif
    - perbanyak membaca
    - perbanyak wawasan
    - jangan takut berpikir apa saja (yg positif)
    - jangan takut bermimpi (yg positif)
    silahkan ditambahkan

  8. @ nia : coba diterapkan poin-poin di atas, berorientasi action, jadi lakukan saja apa yg bisa dilakukan, nanti dalam prosesnya akan ditemukan banyak pelajaran, yg akan menjadikan kita semakin matang… selamat mencoba

  9. Assalamu’alaikum…
    kang agus, saya sedang otm untuk buka usaha.. tahap awal sudah saya lewati (tahap teori, melalui buku2, blogwalking, mengamati usaha yang sejenis, dll) nah, skarang waktunya saya cari lokasi yang pas buat usaha saya (toko grosir perlengkapan bayi). menurut kang agus, faktor apa saja yang menentukan pas / nggaknya sebuah lokasi kios/toko? soalnya saya kesulitan mencari yang pas.

  10. ada beberapa saran saya :
    1. lokasi, memang merupakan salah satu faktor krusial dan paling menentukan dalam menggapai kesuksesan suatu usaha, ingat Resep 3 L (Location, Location & Location)… lokasi yg strategis akan lebih cepat & lebih mudah mendapatkan awareness (penyadaran) masyarakat/konsumen… beranilah atau berusahalah untuk mendapatkan lokasi yg strategis… dengan tingkat lalu lintas orang yang tinggi… lebih dianjurkan yg telah ada toko grosir sejenis… kita harus berani.. meskipun sudah ada pemain lama, jika kita bisa bersaing… kita bisa meraih sukses…
    2. untuk toko grosir (perlengkapan bayi, dll) sebetulnya tidak terpaku pada lokasi… di sini kita bisa gunakan strategi harga kompetitif… jika harga kita terjangkau… lebih murah dari kompetitor dg kualitas lbh bagus… maka “pasar” akan berbondong-bondong menyerbu kita… meski lokasi kita berada di dalem ato di pinggiran sekalipun…
    ini salah satu karakter khusus dari toko grosir…
    mudah2-an bermanfaat…
    salam sukses!

  11. Assalamu’alaikum..
    Saya mahasiswa smstr 7, di akhir2 semester ini saya tergugah dgn pendapat masyarakat, bahwa abis kuliah itu cari kerja.. Tapi saya merasa kurang pas aja..
    Saya ingin memulai untuk menjadi Pengusaha dan jika Allah mengizinkan saya berhasil, maka saya ingin menciptakan image, Tamat Kuliah bikin Usaha,,spy pengangguran smkin brkurang..
    Tolong kasih saran buka usaha ap yg tpt??

  12. Wa’alaikumsalam warahmatullah…
    Memang sebagian besar masyarakat memiliki orientasi seperti itu : setelah kuliah kemudian cari kerja utk menjadi pegawai… dan itu sebuah pilihan.. tidak ada salahnya…
    Namun buat saya sendiri yg sudah mengalami masa itu (kuliah kemudian cari kerja)… ternyata jalannya terlalu lama… terlalu panjang…
    Nah… pilihan untuk menjadi seorang pengusaha adalah cara yg paling tepat buat yg berjiwa dinamis dan punya dream yg besar…
    Dalam wirausaha kita bisa mengalami lompatan pendapatan secara eksponensial…
    Mengenai peluang usaha sangat sangat banyak dan berlimpah… semua yg ada di sekitar kita adalah peluang… dalam tubuh kita aja ratusan bahkan ribuan peluang usaha… muali dari ujung rambut samai ujung kaki… ada peluang…
    Nah tinggal disesuaikan dengan kemampuan/keahlian/hobby/kecenderungan masing2 kita…
    Coba bikin list… Anda punya hasrat di bidang apa… di sanalah awal kesuksesan Anda…
    Salam Sukses

  13. Ass,,… Saya ingin sekali berwirausaha dan belajar enterpreunuer ,cuma kesempatan tuk memulai usaha tersebut terkadang sering nenghadapi jalan buntu,dan sering merasa takut mengalami kerugian j uga bagaimana cara menggali potensi dan kemampuan yang kita miliki seuai dengan peluang usaha yang strtegis ?juga bagaimana cara mengelola usaha yang baik agar berjalan dengan lancar juga berkembang sesuai dengan harapan kita …
    Atas informasi dan bimbingannya saya ucapkan banyak terima kasih…..

  14. hebat sekali anda pak…..
    yang saya tanyakan disini bukan masalah cara menggapai kesuksesan itu..
    tapi mengapa anda dulunya pingin menjadi seorang wirausahawan?? setidaknya ceritakan sedikit pengalaman anda kepada saya,,,!!!!terimakasih

Comments are closed.